FINAL LIGA CHAMPIONS: Pengalaman Getir Bakar Semangat The Reds Untuk Kalahkan Madrid

  • Bagikan
Liverpool akan ketemu Real Madrid di final Liga Champions, Minggu, 29 Mei 2022 pukul 03.00 Wita. --ilustrasi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, FRANCIS-- Ada semangat membara yang terpatri di dada para pemain Liverpool saat menghadapi Real Madrid pada final Liga Champions, di Stade de France, Minggu, 29 Mei 2022, pukul 03.00 Wita.

Memang, pelatih Liverpool Juergen Klopp menaruh hormat kepada Real Madrid. Namun,ia meyakini Liverpool bisa mengalahkan mereka di final Liga Champions 2021-2022.

The Reds yang baru saja gagal meraih trofi Liga Inggris memupuk harapan tinggi terhadap trofi terakhir yang bisa mengakhiri kesuksesan musim 2021-2022 ini. Yah, pengalaman ini, akan menjadi pelecut semangat yang membara untuk tampil all out dan memenangkan pertandingan.

Pasukan Juergen Klopp kalah hanya dengan selisih satu poin dari Manchester City yang keluar sebagai kampiun Liga Inggris.

Manchester City mengakhiri Liga Inggris dengan torehan 93 poin, mengungguli Liverpool yang meraup 92 poin.

Adapun final Liga Champions melawan Real Madrid merupakan final ketiga Liverpool di musim 2021-2022.

Sebelumnya, Liverpool berhasil tampil di final Piala Liga Inggris dan Piala FA dengan menyapu bersih kedua kompetisi tersebut sebagai juara.

The Reds mengalahkan lawan yang sama, yakni Chelsea, melalui laga yang identik lewat drama adu penalti.

Sebagai catatan, baik Real Madrid dan Liverpool, keduanya sudah saling bertemu dan saling mengalahkan di Liga Champions Eropa.

Adapun rekor pertemuan antara Real Madrid dan Liverpool bersaing sangat ketat.

Kedua tim sudah bertemu sebanyak delapan kali dengan rincian Real Madrid berhasil menang 4 kali, sementara Liverpool unggul 3 kali.

Dari delapan pertemuan tersebut, Real Madrid berhasil mencetak 10 gol, sementara Liverpool hanya terpaut dua, yakni 8 gol.

Berdasarkan statistik tersebut, Real Madrid unggul tipis atas Liverpool secara rekor pertemuan dalam sejarah Liga Champions Eropa.

Pertemuan antara kedua tim pada laga final nanti bisa jadi ajang balas dendam pasukan “The Reds”.

Pasalnya pada musim 2017/2018 Liverpool dikalahkan Real Madrid dengan skor 3-1 di babak final Liga Champions.

Musim ini kedua tim sedang dalam performa terbaik di masing-masing kompetisi liga.

Liverpool berhasil menjadi runner up Liga Inggris usai mengoleksi 92 poin, terpaut satu angka dari pemuncak klasemen Manchester City dengan torehan 93 poin.

Skuad asuhan Jurgen Klopp juga berhasil menjuarai ajang piala FA 2021/2022 usai mengalahkan Chelsea melalui babak adu penalti dengan skor 0-0 (6-5).

Sementara Real Madrid tengah menjalani musim yang fantastis usai menjuarai La Liga Spanyol dengan torehan 86 poin. Skuad asuhan Carlo Ancelotti tersebut juga musim ini penampilannya sangat baik.

Mental juara berhasil dibuktikan oleh Luca Modric dkk, usai mengalahkan Manchester City di semifinal Liga Champions.

Meski kalah dengan skor tipis 4-3 pada leg pertama, namun Karim Benzema dkk berhasil membalikan keadaan dengan mengalahkan Manchester City 3-1. Berkat kemenangan tersebut, Real Madrid unggul agregat 6-5.

Sementara Liverpool berhasil melaju ke final Liga Champions Eropa usai mengalahkan wakil Spanyol Villareal dengan agregat skor 5-2. Pada leg pertama, Liverpool mampu memenangkan pertandingan dengan skor 2-0, sementara leg kedua menang dengan skor tipis 2-3. (net/pp)

Berikut rekor pertemuan antara Real Madrid dan Liverpool dalam sejarah Liga Champions Eropa dari laman resmi Champions League uefa.com:

Quarter final Champions League 2020/2021

· Leg 1: Real Madrid 3-1 Liverpool
· Leg 2: Liverpool 0-0 Real Madrid

Final Champions League 2017/2018

· Real Madrid 3-1 Liverpool

Fase Grup B Champions League 2014-2015

. Matchday 3: Liverpool 0-3 Real Madrid
· Matchday 4: Real Madrid 1-0 Liverpool

Babak 16 besar Liga Champions 2008/2009

· Leg 1: Real Madrid 0-1 Liverpool
· Leg 2: Liverpool 4-0 Real Madrid

Final Liga Champions 1980/1981

· Liverpool 1-0 Real Madrid. (net/pp)

  • Bagikan