Rakerda PAN Palopo Target 3 Kursi, Juga Telorkan 3 Keputusan Strategis

  • Bagikan

Suasana saat Rakerda PAN yang berlangsung di Hotel Palopo. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Rapat kerja daerah (rakerda) PAN Kota Palopo yang digelar, Selasa, 28 Juni 2022, menelorkan 3 keputusan strategis PAN menghadapi Pemilu serentak 2024 mendatang.

Hasil rekomendasi rakerda itu langsung diserahkan Ketua DPD PAN Palopo HM Abduh Bakry Pabe kepada pengurus DPW PAN Sulsel, Jamaluddin Nawir.

Ketiga keputusan tersebut adalah, penambahan perolehan kursi DPRD Kota Palopo dari 2 kursi menjadi 4 kursi. Kedua, penguatan infrastuktur partai sampai di tingkat kelurahan. Dan yang ketiga adalah adalah penjaringan calon presiden (capres) yang akan diusulkan ke DPP melalui DPW PAN Sulsel.

“Tiga keputusan tersebut menjadi keputusan strategis bagi PAN Palopo menuju Pemilu serentak 2024 mendatang,” ungkap Ketua DPD PAN Kota Palopo, HM Abduh Bakry Pabe.

Rakerda yang dibuka fungsionaris DPW PAN Sulsel, DR H Husmaruddin,SE, MM tersebut juga dihadiri Koordinator Daerah (Korda) DPW PAN Sulsel wilayah Luwu Raya, Ir Jamaluddin Nawir tersebut digelar di Hotel Palopo.

“Selain utusan DPW PAN Sulsel, rakerda di hadiri seluruh pengurus DPD hingga pengurus DPC se Kota Palopo,” sebutnya lagi.

Dalam rakerda tersebut, Ketua DPD PAN Palopo menyampaikan bahwa, bentuk keseriusan DPD PAN Palopo menghadapi pesta demokrasi mendatang di antaranya adalah proses pemberkasan guna keperluan verifikasi parpol sudah dirampingkan.

“Untuk PAN Sulsel, Palopo merupakan DPD tercepat dalam pemenuhan kelengkapan administrasi parpol untuk verifikasi di KPU, dan telah dinyatakan lengkap oleh DPW,” sebut Abduh lagi.

Sementara Ketua Steering Committee, Darsuni Dwi Putra yang memimpin jalannya rakerda tersebut mengungkapkan bahwa, PAN Palopo juga sementara merampungkan pencalegan dini dan rekrutmen saksi di semua tingkatan. “Khusus rekrutmen saksi, PAN Palopo menargetkan 1 TPS 1 saksi,” kata Darsuni.

Terkait rekrutmen saksi tersebut lanjut Darsuni, pihaknya melibatkan pengurus DPC-DPC se Kota Palopo.

Pasalnya, pihaknya DPC lah yang sangat memahami kondisi di daerahnya masing-masing.

“Selain pengurus DPC, para bakal calon anggota legislative (bacaleg) juga diberi kesempatan untuk merekrutmen saksi masing-masing. Hanya saja, saksi usulan bacaleg itu nantinya akan ditangani langsung Badan Saksi Daerah (BSD) yang ada di PAN Kota Palopo,” jelasnya lagi.

Isu pencapresan juga menjadi pembahasan tersendiri dalam rakerda tersebut. Sejumla tokoh mewarnai arena rakerda. Dari sekian tokoh yang dimunculkan dalam arena rakerda tersebut, terdapat 3 nama yag disepakati untuk diusulkan ke DPW.

“PAN Palopo mengusulkan 3 nama capres yang terjaring dalam rakerda ke DPW PAN Sulsel untuk selanjutkan diserahkan ke DPP PAN,” ujar Abduh yang tak menyebutkan ketiga nama capres yang diusulkan itu. (*/pp)

  • Bagikan