IKA Smansa Palopo Siap Berkontribusi Tingkatkan Kualitas Pendidikan Tana Luwu

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PONJALAE--Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMA Negeri 1 Palopo siap berkontribusi bagi peningkatan kualitas pendidikan di Tana Luwu. Ribuan alumni yang telah tersebar di banyak lapangan pekerjaan dan bidang pengabdian menjadi modal sosial untuk memberi andil bagi perkembangan Tana Luwu.

Hal ini disampaikan oleh Jumail Mappile saat dikukuhkan sebagai Ketua Umum IKA SMA Negeri 1 Palopo masa jabatan 2022-2025 di Kampung Seafood Ponjalae Palopo, Ahad, 31 Juli 2022. Ia menyampaikan bahwa pengurus IKA harus mengambil peran dan turun tangan langsung menjawab tantangan dunia pendidikan dan isu sosial kemasyarakatan yang makin kompleks hari ini.

"IKA bukanlah tempat kongkow dan berwacana semata, tapi tempat mengimplementasikan ide dan gagasan yang berguna bagi masyarakat, siswa dan alumni. Pengurus IKA bukan sekadar nama di atas tapi kita harus mengambil peran dan turun tangan langsung. Ide dan gagasan harus diriilkan", kata Jumail Mappile yang juga menjabat Kadispora & Pariwisata Kabupaten Luwu Utara ini.

Sementara itu, Frederick Victor Palimbong selaku Dewan Pertimbangan IKA SMA Negeri 1 Palopo menyampaikan dukungan dan siap berkontribusi bagi pembangunan dan pengembangan sekolah. Ia mengungkapkan bahwa alumni Smansa dan diaspora Palopo banyak yang berkiprah dan berprestasi namun kurang kelihatan. Olehnya itu ia mengungkapkan bahwa alumni harus saling mengenal, saling membantu dan saling mendukung.

"Ke depan, alumni harus ada kontribusi yang kelihatan dan menjadi penanda secar fisik bahwa alumni selalu hadir di Smansa sehingga kita tidak kehilangan akar. Untuk itu melalui raker, program ke depan harus direncanakan dengan baik. Gagal merencanakan berarti merencanakan kegagalan. Untuk itu kita harus saling mendukung", kata alumni 88 yang juga Wakil Bupati Toraja Utara ini.

Ketua Panitia, Faisal Mustafa mengungkapkan bahwa pengukuhan dan rapat kerja inj merupakan rangkaian dari kegiatan Musyawarah Besar IKA SMA Negeri 1 Palopo yang telah dilakukan pada saat Reuni Akbar beberapa bulan lalu. Pengurus yang dikukuhkan saat ini merupakan hasil pemilihan yang dilakukan secar demokratis dan kekeluargaan oleh perwakilan angkatan-angkatan yang hadir pada saat itu.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Palopo, Muhammad Arsyad mengaku bahwa kontribusi alumni telah nyata dirasakan olehnya. Banyak bantuan alumni yang telah diberikan kepada sekolah seperti rehabilitasi dan perluasan musalah yang awalnya berkapasitas 300 menjadi 500 jamaah.

"Insya Allah kami akan terus bangun komunikasi dengan para alumni agar upaya-upaya peningkatan kualitas tetap berkelanjutan. Terima kasih atas bantuan materi dan ide-ide segar bagi perkembangan sekolah", kunci Muhammad Arsyad. (rls)

  • Bagikan