KPU Torut akan Verifikasi Administrasi dan Faktual 24 Partai Politik

  • Bagikan

Komisioner KPU Toraja Utara Jan Hery Pakan Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, RANTEPAO-- Komisioner KPU Toraja Utara Jan Hery Pakan Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan angkat bicara terkait parpol yang lolos verifikasi di KPU Pusat.

Terkait hal tersebut Jan menjelaskan bahwa ada 24 Parpol yang sudah diterima pendaftarannya di KPU pusat. Nantinya, akan diverifikasi, verifikasi administrasi kemudian verifikasi faktual.

''Kecuali partai yang sudah lolos Parlemen Threshold yang ada di Senayan sekarang, hanya verifikasi administrasi. Kalau sudah lolos administrasi tinggal tunggu penetapan di bulan Desember 2022,'' katanya.

Partai baru dan partai non parlemen yang tidak lolos Parlemen Threshold lanjutnya, akan diverifikasi faktual.

''Kalau mereka lolos diverifikasi faktual baru diumumkan nanti siapa-siapa yang berhak untuk ikut jadi peserta Pemilu,'' kata Jan Heri Pakan, Jumat, 19 Agustus 2022.

Verifikasi administrasi itu nantinya, ada yang dilakukan di kabupaten/kota terkait verifikasi keanggotaan.

Yang terjadi selama ini saat verifikasi, terkadang ada yang ganda keanggotaan partai politiknya. Kami di sini meminta tanggapannya, partai apa yang dimasuki. Ataukah mungkin dia tidak mengaku anggota partai politik,'' katanya.

Selain masalah keanggotaan yang perlu nantinya saat verifikasi adalah kantor parpol. Apakah ada atau tidak ada. (albert tinus)

  • Bagikan