WASPADAI KEBERADAAN ORANG ASING, IMIGRASI PALOPO BERSAMA TIMPORA KABUPATEN LUWU UTARA GELAR OPERASI GABUNGAN

  • Bagikan

Masamba - Dalam rangka memperkuat tugas dan fungsi serta mempererat sinergitas anggota Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) kabupaten Luwu Utara, Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Palopo menginisiasi giat Operasi Gabungan (6/10). Operasi Gabungan ini merupakan salah satu tugas dari TIMPORA dalam rangka menjaga tetap terpeliharanya keamanan dan kepentingan nasional dari dampak negatif yang mungkin timbul akibat keberadaan dan kegiatan orang asing.

Giat Operasi Gabungan kali ini diikuti oleh unsur dari Badan Kesbangpol Kabupaten Luwu Utara, Kodim 1403 Palopo, Polres Luwu Utara, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Luwu Utara, dan BINDA Luwu Utara. TIMPORA Luwu Utara memilih PT. ASI Pujiastuti Aviation dan PT. Kasmar Matano Persada sebagai target untuk penyelenggaraan Operasi Gabungan kali ini.

Dalam Operasi Gabungan pada PT. ASI Pujiastuti Aviation, TIMPORA menemukan adanya aktivitas orang asing yang bekerja sebagai pilot pada maskapai Susi Air. Pilot asing tersebut merupakan warga negara Inggris pemegang Izin Tinggal Terbatas (ITAS) sebagai tenaga kerja asing. Tim kemudian melakukan pemeriksaan terhadap semua perizinan dan dokumen keimigrasian yang dimiliki oleh pilot asing tersebut.

Dari hasil pemeriksaan, Tim tidak menemukan adanya kejanggalan dalam perizinan dan dokumen keimigrasian milik pilot asal Inggris tersebut. PT. ASI Pujiastuti Aviation sendiri selaku pihak penyedia lapangan kerja akan selalu berusaha melengkapi dokumen-dokumen yang dimiliki oleh tenaga kerja asing yang bekerja di perusahaannya.

Setelah selesai pada target pertama, TIMPORA bergegas menuju target kedua yakni PT. Kasmar Matano Persada. Sesampainya di lokasi Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik PT. Kasmar Matano Persada, Tim disambut oleh Kepala Tata Usaha pada perusahaan tersebut. Tim langsung mengutarakan perihal maksud kedatangan TIMPORA pada PT. Kasmar Matano Persada yakni guna mengecek potensi keberadaan dan aktivitas orang asing yang kemungkinan ada pada perusahaan tersebut.

Dari hasil pengecekan dan peninjauan lapangan, Tim tidak menemukan adanya keberadaan maupun aktivitas orang asing pada Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik PT. Kasmar Matano Persada. Hanya nampak beberapa pekerja lokal yang beraktivitas di pabrik tersebut.

Operasi Gabungan TIMPORA Luwu Utara kali ini menghasilkan kesimpulan bahwa tidak ditemukan adanya pelanggaran izin dan dokumen keimigrasian pada tenaga kerja asing yang bekerja di PT. ASI Pujiastuti Aviation. Juga tidak ditemukan adanya keberadaan maupun aktivitas orang asing pada PT. Kasmar Matano Persada.(rls)

  • Bagikan