Menteri Sandiaga Uno Dorong Highlands Kambo Palopo Menjadi Objek Wisata Unggulan di Indonesia

  • Bagikan

Nampak Menteri Sandiaga Uno saat berada di Kambo, Palopo. --riawan junaid--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Untuk kedua kalinya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Kambo Highlands, Kelurahan Kambo, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Rabu, 12 Oktober 2022.

Sandiaga Uno tiba di Kambo Highlands sekira pukul 09:30 Wita didampingi Kepala Dinas Pariwisata Sulsel, Walikota Palopo, Judas Amir dan wakil walikota Palopo Rahmat Masri Bandaso beserta pimpinan instansi vertikal Kota Palopo diantaranya Kapolres Palopo AKBP Muhammad Yusuf Usman, Dandim 1403/ Palopo Letkol Infanteri Apriadi Nidjo beserta jajarannya.

Setiba di salah satu objek wisata andalan Palopo, Menteri Sandiaga Uno disambut dengan dua tarian yakni tari Pangngaru khas etnis Rongkkong dan tari Paduppa khas suku Bugis Makassar. Selain disambut dua tarian, Sandiaga juga disambut dengan sajian kuliner dan jus khas Kambo yang diantaranya bolu Cukke,
Lanya- lanya yang terbuat dari bahan bahan sagu, gula merah dan kelapa parut kemudian ada juga minuman Sarabba yang tidak asing lagi ditelinga dan lidah orng Indonesia dan jus patikala rasa asam manis. Selain kuliner tersebut di atas ada juga suvenir buatan tangan pemuda Kambo seperti patung badik Luwu yang dipahat dari bahan kayu, tas sulam dan lain-lain.

Mentri yang dikenal gaul dan keren ini, sempat mencoba kuliner lanya- lanya dan meracik sendiri Sarabba yang disipakan panitia. Usai mencoba kuliner yang disajikan, ia kemudian mengangkat jari jempol sembari mengatakan mantap dan luar biasa enak.

Kunjungan kedua ini, merupakan bagian dari proses penilaian Desa/ Kelurahan wisata yang masuk dalam 50 besar se-Indonesia. Dan berdasarkan infomasi yang diperoleh, wisata Kambo Highlands saat ini masuk di urutan nomor ke 47.

Didampingi dua tim penilai Desa/ Kelurahan wisata, Sandiaga dalam sambutannya, ia berharap kepada pemerintah setempat agar wisata Kambo Highlands dapat dikenal masyarakat luas bahkan dikenal se-Indonesia dan tentunya untuk memperkenalkan wisata tersebut, diharapkan pemerintah setempat dapat membantu semua kelompok masyarakat yang sedang berupaya memajukan objek wisata Kambo.

"Saya berharap wisata Kambo Highlands yang indah dengan panorama alam serta keberagaman kuliner dan objek wisata alamnya ini, itu dapat dikenal masyarakat luas bahkan se-Indonesia dan menjadi objek wisata unggulan. Dengan banyaknya masyarakat mengetahui potensi wisata Kambo, tentu akan berdampak baik pada penghasilan warga setempat terutama kelompok UMKM. Namun untuk mempromosikan wisata ini tentu harus ada keterlibatan dan dukungan penuh dari pemerintah Kota Palopo," kata Sandiaga di lokasi.

Judas Amir yang mendengar harapan menteri tersebut, mengaku siap menunaikan harapan menteri yang diidolakan emak- emak itu.

"Tentu kita akan membantu kelompok masyarakat yang terkhusus pelaku UMKM di objek wisata ini agar lebih berkembang. Dan tidak hanya itu, rencananya kita juga akan membuat sejumlah taman di beberapa titik di Kota Palopo ini agar lebih menarik perhatian wisatawan datang di Palopo. Kemudian kami juga berencana akan membuat lapangan golf di Palopo untuk melengkapi wisata yang ada," kata Judas.

Kunjungan Menparekraf/ Kabaparekraf di Kambo Highlands ini, berakhir sekira pukul 10:30 Wita atau hanya kurang lebih hanya satu jam di lokasi. Sebelum beranjak dari lokasi ke Bandara Bua, tak lupa Sandiaga Uno juga memberi bantuan kepada kelompok pemuda (i) Kambo dalam bentuk alat tenda camping ground dulu disebut perna dijanjikan untuk menyokong pemuda (i) setempat untuk kemajuan wisata camping ground. Pemberian alat camping ground yang jumlahnya kurang lebih lima paket ini, itu diserahkan langsung kepada Nasira, perwakilan kelompok pemuda (i) Kambo yang aktif memajukan wisata alam Kambo melalui camping ground.

Upaya pemerintah untuk memajukan wisata dan perekonomian kreatif masyarakat Indonesia melalui pemberdayaan kelompok khususnya pelaku UMKM ini, itu tidak lepas dari keterlibatan berbagai pihak termasuk PT Adira Dinamika Multi Finance. Perusahaan yang akrab dikenal sebagai Adira Finance dengan usaha utamanya bergerak dalam bidang penyediaan pembiayaan konsumen ini turut aktif mensupor Menparekraf/Kabaparekraf dalam memajukan kelompok atau pelaku usaha UMKM masyarakat.

Sehingga dalam kunjungan Menteri Sandiaga Uno, ke tiap wilayah tempat wisata dan ekonomi kreatif, selalu ikut serta terlibat dalam rombongan pihak Adira Finance. Termaksud dalam kunjungan di Kambo Highlands pagi tadi, turut pula Kepala Wilayah Sulsel, Ambon dan Papua, Kurniawan dalam rombongan.

Kurniawan yang ditemui usai kunjungan Mentri tersebut, ia menyebutkan pihaknya sangat mensuport setiap kegiatan masyarakat khususnya pelaku UMKM untuk kemajuan perekonomian masyarakat.

"Dalam setiap agenda atau kegiatan Menparekraf/ Kabaparekraf kita selalu terlibat didalam, sebagai bentuk support kita untuk kemajuan perekonomian masyarakat.
Terlepas dari kunjungan ini kedepannya kita juga akan membantu masyarakat Kambo untuk memajukan wisata alam Kambo dan usaha pelaku UMKM masyarakat sekitar termaksud kelompok pemuda (i) yang aktif membangun dan mempromosikan tempat wisata Kambo ini," kata Kurniawan saat ditemui di lokasi.(Riawan)

  • Bagikan