Pelantikan Pengurus PMTI Wilayah Luar Negeri Diisi Carnaval Toraja

  • Bagikan
Ir Dewi Sartika Pasande, M.Sc, ketua bidang luar negeri

PRANCIS --- Pengurus Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) wlayah luar negeri segera dilantik. Mereka akan dilantik langsung oleh Ketum PMTI Mayjen TNI (Purn) Silvanus Lumbaa.

Acara pelantikan berlangsung tanggal 26 Oktober 2022 di Prancis. Acara pelantikan dirangkai dengan acara Carnaval Toraja yang berlangsung dari tanggal 20-29 Oktober 2022. Di sini, PMTI akan menampilkan banyak keunikan Toraja untuk promosi wisata Toraja.

Demikian diungkapkan Ketua Bidang Luar Negeri PMTI, Ir Dewi Sartika Pasande, M.Sc, kepada Palopo Pos, Rabu 12 Oktober 2022. ''Pelantikan pengurus wilayah Benua Eropa dan Pengurus Wilayah Kerajaan Inggris. Di Prancis. Berlangsung tanggal 26 Oktober 2022,'' ujar DSP-sapaan akrab--Dewi Sartika Pasande.

Rombongan Ketum PMTI Mayjen TNI (Purn) Silvanus Lumbaa tiba di Amsterdam tanggal 23 Oktober. Ketum kemudian disambut oleh keluarga besar Diaspora Sang Toraya. Kemudian lanjut makan malam sitammu mali'. Selanjutnya tanggal 25 Oktober menuju Prancis untuk agenda pelantikan.

''Di acara Carnaval Toraja yang berlangsung dari tanggal 20-29 Oktober, dimana PMTI akan menampilkan banyak keunikan Toraja  untuk promosi wisata  Toraja,'' tambah DSP yang namanya sudah masuk daftar bacaleg DPRI asal Partai Demokrat.

Di sana, lanjutnya, ada juga peletakan batu pertama  Alang Toraja yang akan dibangun di JARDIA LIEU DIT LA VICTORIA. Peletakan batu pertama oleh Ketum PMTI, Mayjen TNI (Purn) Yulius
Silvanus Lumba, Dubes RI Prancis, Muhammad Oemar. Kemudian Kepala Daerah Beton,
Madame Le Xidire Lauren, Ketua Bidang Luar Negeri Dewi Sartika Pasande, dan pengurus wilayah Kerajaan Inggris, pengurus wilayah Benua Eropa.

DIISI BANYAK ACARA

Selain acara carnaval Toraja, PMTI juga menggelar pameran foto dan seni Toraja-Mamasa, pameran dan animasi alat musik bambu. Ada juga animasi parade kostum, tarian musik, dan lagu oleh masyarakat Toraja Mamasa Prancis.

Kemudian pemutaran film tentang budaya Toraja dan lainnya, jualan makanan Indonesia di tempat.(ary)

  • Bagikan