Leg 2 Piala AFF 2022, Vietnam vs Indonesia Malam Nanti: Duel Puputan yang Dahsyat!

  • Bagikan
Pemain timnas Indonesia Marselino bersama Ferdinan saat merayakan gol. Diharapkan saat bertemu Vietnam di leg kedua, mampu merayakan gol supaya lolos ke babak final. --jawa pos--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, VIETNAM-- Duel maha dahsyat akan dilakoni tim nasional Indonesia saat menjajal Vietnam di leg kedua Piala AFF.

Adalah, My Dinh National Stadium, Hanoi akan menjadi saksi perang dahsyat tersebut selama 90 menit dalam memperebutkan satu tiket ke babak final Piala AFF 2022 yang mulai kick off pukul 20.30 Wita, Senin, 9 Januari 2023, malam nanti akan disiarkan langsung RCTI.

Asnawin Mangkualam cs akan bermain mati-matian untuk memenangkan pertandingan. Yah, tentunya untuk memuluskan melenggan ke final.

Dalam pertemuan pertama empat besar Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat pada 6 Januari 2023, kedua tim bermain imbang 0-0.

Memang, pada hasil itu membuat Vietnam tidak diuntungkan. Sebab, armada Park Hang-seo itu bisa tersingkir jika bermain seri minimal 1-1 dengan Timnas Indonesia. Tapi, Indonesia tidak boleh lengah.

Jelang Vietnam vs Indonesia di Hanoi, Shin Tae-yong menegaskan bahwa Timnas Garuda hanya mengincar kemenangan untuk lolos ke final Piala AFF 2022.

Meski kali ini Vietnam bertindak sebagai tuan rumah, pelatih Indonesia, Shin Tae Yong tetap mengusung optimisme tinggi untuk menang. Pada pertemuan sebelumnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1/2023), kedua tim bermain imbang 0-0.

Hasil tersebut membuat peluang Timnas Indonesia dan Vietnam untuk melangkah ke final Piala AFF 2022 masih sama besar. Untuk mewujudkan ambisi ke partai puncak, Pelatih Indonesia Shin Tae Yong mengaku telah mempersiapkan timnya sebaik mungkin. Dia berjanji mempersembahkan kemenangan untuk Skuad Garuda di laga nanti.

“Semoga kami meraih hasil terbaik (melawan Vietnam, red). Kami datang untuk menang. Pemain juga dalam kondisi terbaik dan optimistis melawan Vietnam,” ucap Shin Tae Yong, dalam konferensi pers jelang Indonesia vs Vietnam, Ahad (8/1/2023).

“Vietnam tim yang bagus dalam organisasi permainan. Besok akan menjadi laga menarik, dan kami bakal kerja keras, fokus, serta disiplin,” tambah pelatih asal Korea Selatan itu.

Shin Tae-yong mesti mencari cara untuk meruntuhkan lini belakang Vietnam yang belum pernah kebobolan di Piala AFF 2022. Timnas Indonesia harus bermain lebih menyerang ketimbang pertemuan pertama.

"Saya setuju bahwa Vietnam memiliki organisasi pertahanan yang baik dalam leg pertama babak semifinal," ungkap Shin Tae-yong.

"Kami memiliki peluang untuk pertandingan nanti. Kami di sini untuk menang."

"Para pemain dan seluruh anggota tim telah mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi Vietnam," jelas Shin Tae-yong.

Mengingat pada leg pertama kedua tim bermain imbang 0-0, maka tim yang menang dengan skor berapa pun dipastikan melaju ke partai puncak turnamen dua tahunan ini. Sementara bagi Indonesia, hasil imbang dengan gol (1-1, 2-2 dan seterusnya) sudah cukup untuk lolos ke final.

Adapun jika laga kembali berakhir imbang tanpa gol (90 menit), maka laga akan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu atau extra time, sebelum adu penalti jika belum ada pemenang.

Sementara itu, laga kontra Timnas Indonesia dapat menjadi momen perpisahan bagi pelatih Vietnam, Park Hang-seo yang kontraknya bakal berakhir setelah Piala AFF 2022.

"Pertandingan nanti penting bagi saya. Kontrak saya bakal berakhir setelah Piala AFF 2022," ujar Park Hang-seo dinukil dari media Vietnam, The Thao 247.

"Jika saya kalah, itu akan menjadi partai terakhir buat saya. Namun andai saya menang, saya akan memiliki dua pertandingan lagi," kata Park Hang-seo.

Pada edisi sebelumnya yang digelar 2021 lalu, Indonesia melenggang ke final usai mengalahkan Singapura dengan aggregat 4-2. Sementara Vietnam gugur di semifinal Piala AFF 2020 usai kalah aggregat 0-2 dari Thailand yang akhirnya jadi juara. (net/jp/pp)

Prakiraan Susunan Pemain
Vietnam (3-4-2-1): Dang Van Lam; Do Duy Manh, Que Ngoc Hai, Bui Tien Dung; Vu Van Thanh, Nguyen Hoang Duc, Do Hung Dung, Doan Van Hau; Nguyen Quang Hai, Phan Van Duc; Nguyen Tien Linh

Pelatih: Park Hang-seo (Korea Selatan)

Timnas Indonesia (3-4-3): Nadeo Argawinata; Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, Rizky Ridho; Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Dendy Sulistyawan, Saddil Ramdani

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)

  • Bagikan