48 Mahasiswa KKNP FKIP UIM: Siap Jadi Agen Enterpreneur Masyarakat

  • Bagikan

Dekan FKIP UIM, Badruddin Kaddas, Ph.D. Bersama dengan panitia dan Peserta KKN Tematik, berpose bersama di pelataran kampus UIM, usai kegiatan pembekelan dan pelepasan peserta KKN Tematik yang dilaksanakan di Lt 3 Gd Rektorat UIM.--ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Makassar (UIM) melaksanakan pembekalan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) angkatan II T.A 2022-2023 bertema Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat Bedasarkan Nilai-nilai ASWAJA yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 18 April 2023 di ruang pertemuan lantai 3 gedung Rektorat UIM.

Supriadi,S.Pd.,Pd ketua Wakil Dekan I FKIP UIM selaku ketua panitia KKN Tematik FKIP UIM melaporkan bahwa KKN yang dilaksanakan tahun ini adalah KKN Tematik yang mengusung tema pemberdayaan wirausaha masyarakat bedasarkan nilai-nilai ASWAJA.
"Kali ini mahasiswa FKIP UIM yang mengikuti KKN sebanyak 48 orang mahasiswa, yang terdiri atas: Prodi PGSD sebanyak 8 orang mahasiswa, prodi PG-PAUD sebanyak 26 orang mahasiswa, prodi pendidikan bahasa Inggris sebanyak 6 Orang, dan prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia sebanyak 9 orang. Adapun lokasi yang digunakan adalah sekolah yang ada di kota Makassar dan beberapa sekolah di luar kota Makassar" jelas Supriadi.

Dekan FKIP UIM bapak Badruddin Kaddas, M.Ag., Ph.D dalam sambutannya mengemukakan bahwa KKN adalah perwujudan tridharma dalam perguruan tinggi dalam bentuk pendidikan dan pemberian pengalaman belajar mahasiswa ditengah masyarakat dan secara langsung mengidentifikasi dan mengatasi segala problematika yang dihadapi. Tema yang gagas kali ini relevan dengan kebutuhan masyarakat, salah satu masalah yang dihadapi oleh masyarakat sekarang adalah sulitnya mendapat pekerjaan yang layak sehingga berdampak pada kemiskinan.

"Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah ini dengan berbagai program. Sebab itu, FKIP UIM hadir melalui KKN ini ingin membantu Pemerintah untuk berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi dan sosial masyarakat di Indonesia khususnya di Sulawesi Selatan, terutama dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat melalui wirausaha berdasarkan nilai-nilai ASWAJA" Jelas Badruddin.

Lebih lanjut Badruddin menyampaikan, untuk pelaksanaan KKN tematik memberdayakan wirausaha dilaksanakan di sekolah sebagai ruang laborotorium permasalahan pendidikan. Oleh karena itu kehadiran rekan-rekan mahasiswa bisa memberikan kontribusi positif dalam mengatasi permasalahan yang dialami masyarakat sekolah.

"Sekolah enjadi penghubung antara individu dan masyarakat. Sekolah dapat memainkan peran penting dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan dan kebutuhan masyarakat, termasuk dalam menghadapi persaingan global dan memperbaiki kondisi sosial dan ekonomi masyarakat. Pemberdayaan wirausaha berbasis nilai Aswaja di sekolah dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan dan kemampuan wirausaha."Tambah Badruddin.

Turut hadir dalam acara pembekalan KKN Tematik tersebut Wakil Dekan I FKIP UIM bapak Supriadi, S.Pd., M.Pd, Wakil Dekan II FKIP ibu Sri Hastati, S.E., M.Pd, Wakil Dekan III Bapak Ince Prabu Setiawan Bakar, S.Pd., M.Pd. Juga Ketua Prodi PGSD Erwin Nurdiansyah S.Pd. M.Pd, Ketua Prodi PG-PAUD Nasaruddi R S.Pd M.Pd, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Jusmaniar N. S.Pd., M.Pd, Ketua prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Erniati, S.Pd. M.Pd, Ketua Gugus Jaminan Mutu FKIP UIM Riskal Fitri S.Pd M.Pd, KTU FKIP UIM ibu Azizah S.E., M.Si serta beberapa dosen pembimbing lapangan (DPL) dan staf di FKIP UIM. (*/rls/pp)

  • Bagikan