Andi Amran Suguhkan Coto dan Ikan, Susi Pudjiastuti: Makanya Orang Bugis Makassar Cerdas

  • Bagikan

SUASANA saat Susi Pudjiastuti saat di Kantor Pusat Tiran Group milik pengusaha ternama Sulsel Andi Amran Sulaiman, Senin 22 Mei 2023. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Susi Pudjiastuti mendapat jamuan istimewa saat bertamu ke Kantor Pusat Tiran Group milik pengusaha ternama Sulsel Andi Amran Sulaiman, Senin 22 Mei 2023.

Andi Amran menyiapkan hidangan khas Makassar seperti coto hingga ikan untuk menyambut kedatangan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, sang sahabat lama yang fenomenal.

Diketahui keduanya pernah bersama-sama menjadi menteri Kabinet Kerja Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla selama lima tahun, 2014-2019.

Kala itu Susi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan sementara Amran menjabat Menteri Pertanian RI.

"Amran kawan baik. Beliau sahabat lama saya, kita pernah sama-sama di kabinet. Tadi kita nostalgia disambut coto Makassar. Enak sekali. Pak Amran juga siapkan satu piring rokok, dia tahu sekali kebiasaan saya," tutur Susi.

Bahkan sejak dulu Susi mengaku telah mengakui kelezatan kuliner Makassar. Sehingga ia tak heran mengapa mayoritas orang Bugis Makassar berotak cerdas dan pekerja keras.

"Orang Bugis Makassar kalau nggak makan ikan artinya belum makan. Makanya cerdas-cerdas. Ingat ya slogan saya, malas makan ikan saya tenggelamkan. Ikan adalah sumber protein terbaik yang dimiliki indonesia, masa dicuri asing. Tidak boleh dong," ungkapnya.

Di hadapan ratusan Pengurus dan anggota Dewan Pengurus Pusat Kesatuan Pelajar Mahasiswa Indonesia (KEPMI) Periode 2022-2024, Susi turut memberi motivasi sebagai modal untuk meraih kesuksesan dan mampu menjawab tantangan di masa depan.

"Saya harap anak muda punya terobosan. Kalau mau jadi pemenang di zaman sekarang kalian harus punya passion dan disiplin waktu. Kalau hanya duduk nonton TikTok ya akan begitu saja hidupnya. Itu jadi tantangan kita semua. Saya ngomelin adik-adik semua demi masa depan kalian. Harus jadi orang smart, demending, punya ambisi, keinginan. Jika tidak, ya akan seperti pepatah hidup segan mati tak mau," tegasnya.

Sementara itu di mata Andi Amran Sulaiman, Susi adalah manusia besi yang tidak ada takutnya demi membela tanah airnya.

Ia pun menyuarakan kepada generasi muda untuk mencontoh dan belajar dari sosok Susi.

"Beliau ini orang hebat. Bayangkan kalau ke depan ada susi susi berikutnya, Indonesia akan jadi super power. Beliau disegani dunia," tutur Amran.

"Ia bekerja dengan kalbu, ikhlas tanpa ada embel-embel apapun. Dia manusia besi. Tidak ada takutnya. Mau bintang berapa dia hadapi. Yang penting bela Indonesia. Jadilah Susi masa depan," serunya lagi.

Amran juga menyampaikan terimakasih kepada sahabat lamanya itu karena telah membantu Pemprov Sulsel dengan membuka rute penerbangan bersubsidi di Sulsel.

Kepada Gubernur Sulsel yang juga adik kandungnya, Amran menyampaikan untuk menjaga kepercayaan dan kerjasama Pemprov dan SUSI Air.

"Saya ingatkan Kepada Gubernur bahwa ucapan ibu Susi itu lebih mahal dr nilI kontrak karena kontrak masih bisa diingkari, tapi ucapan Ibu Susi tidak akan pernah dia ingkari," ungkap Ketua Umum IKA unhas, Andi Amran. (*/pp/uce)

  • Bagikan