Pagi Hari Jangan Rebahan, Yuk Kenali Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Tubuh!

  • Bagikan
--ilustrasi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Pagi-pagi rebahan? Itu tanda orang malas. Malah, bisa mendatangkan penyakit. Justru, lebih baik berjalan kaki sembari menikmati kesejukan di pagi hari. Itu lebih baik. Jalan kaki salah satu olahraga ringan yang memiliki dampak besar untuk kesehatan tubuh.

Yah, banyak sekali manfaat bagi kesehatan yang ditimbulkan jika seseorang sering berjalan kaki. Salah satunya adalah membakar kalori di tubuh untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, masih banyak manfaat jalan kaki bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Dilansir JawaPos.com melalui laman Health Line pada Senin, 10 Juli 2023, berjalan-jalan sebentar setelah makan juga dapat menurunkan gula darah.

Fakta lainnya, jalan kaki juga bagus bagi penderita atritis, karena dapat mengurangi rasa sakit dan jika rutin berjalan selama satu minggu dengan jarak 8 hingga 9 km dapat membantu Anda untuk mencegah radang sendi.

Menilik laman Kementerian Kesahatan, berikut beberapa manfaat jalan kaki bagi kesehatan bila Anda rutin menerapkannya dalam hidup.

  1. Mencegah penyakit jantung
    Jalan kaki memiliki manfaat seperti saat Anda berlari, yaitu dapat mencegah penyakit jantung dan stroke. Aktivitas tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolestrol.
  2. Menenangkan pikiran
    Saar perasaan Anda merasa tidak baik, disarankan untuk berjalan kaki agar dapat memperbaiki perasaan Anda menjadi lebih baik dari sebelumnya.
  3. Menamah kekuatan otot
    Jika seseorang berjalan 10.000 langkah dalam sehari, itu sama dengan berlatih mengangkat beban di fitness centre. Selain itu, Anda dapat mencegah cedera ringan.
  4. Berat badan menjadi stabil
    Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan atau mempertahankan bobot, dapat menerapkan jalan kaki. Hal tersebut berguna untuk membakar lemak-lemak yang berada di bawah kulit.
  5. Memperbaiki pencernaan
    Jalan kaki selama 30 menit sehari juga dapat mengurangi kanker usus di masa depan dan juga mampu untuk memperbaiki pencernaan Anda. Hal tersebut dikarenakan badan bergerak untuk melancarkan peristaltik usus, sehingga buang air besar lebih lancar. (jp/pp/uce)

  • Bagikan