Piala AFF U-23: Malaysia Comeback, Indonesia Kalah 1-2

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID THAILAND -- Timnas Indonesia U-23 kalah 1-2 dari Malaysia pada pertandingan Grup B Piala AFF U-23 2023 di Stadion Rayong, Jumat (18/8). Timnas Indonesia U-23 unggul 1-0 di babak pertama lewat gol apik Ramadhan Sananta. Hasrat Indonesia menambah gol berujung nahas setelah Irfan Jauhari mengalami cedera dan digantikan Ragil. Garuda Muda terus berupaya menekan Harimau Muda, akan tetapi upaya itu belum berhasil. Alih-alih menguasai permainan dan menambah gol, Timnas Indonesia U-23 mendapat ancaman dari pemain pengganti Malaysia, Fergus Tierney.

Penalti diberikan kepada Malaysia pada menit ke-53 setelah Kadek Arel melanggar Fergus Tierney. Kadek menjegal Tierney dari belakang. Eksekusi penalti yang diambil langsung oleh Tierney membuahkan skor imbang 1-1. Tendangan Tierney ke sisi tengah mengecoh kiper Ernando Ari yang bergerak ke sisi kanan.

Di babak kedua, permainan kedua tim berjalan lebih terbuka. Malaysia bisa membalas serangan Indonesia dengan baik. Terus menyerang membuat Indonesia U-23 lengah dalam bertahan. Malaysia menekan setelah Indonesia kehilangan bola di sisi kiri. Terjadi kemelut di kotak penalti tim asuhan Shin Tae Yong.

Kadek Arel kembali membuat kesalahan setelah bola yang ditendangnya tidak sempurna dan bisa dikuasai Tierney. Dengan tenang Tierney menendang bola dengan kaki kanan yang bersarang di sisi kiri gawang Ernando Ari. Malaysia unggul 2-1 pada menit ke-62. Serangan balik Malaysia pada babak kedua lebih mengerikan dan kerap membahayakan Indonesia. Tendangan bebas Aliff Izwan pada menit ke-70 melayang tipis di atas mistar gawang Ernando.

Penyerang Esal Sahrul mencoba menciptakan peluang pada menit ke-77. Akan tetapi tendangan kaki kiri Esal membentur lini belakang Malaysia dan hanya menghasilkan sepak pojok. Timnas Indonesia U-23 terus memberikan tekanan kepada Malaysia, baik melalui Jeam Kelly Sroyer maupun Esal Sahrul, tetapi belum mengubah kedudukan.

Sundulan Sananta pada menit ke-89 yang coba memanfaatkan umpan silang Frengky Missa belum mengarah ke gawang Malaysia. Pada menit injury time Sananta dan Ragil berebut bola yang dioper Esal, hilang peluang Indonesia menyamakan kedudukan.

Tanpa tambahan gol pada sisa laga, Indonesia kalah 1-2 dari Malaysia.(int/idr)

Susunan pemain

Indonesia: Ernando Ari Sutaryadi, Bagas Kaffa, Kdek Arel, Muhammad Ferarri, Frengky Missa, Robi Darwis, Beckham Putra, M Kanu Helmiawan, Arkhan Fikri, Irfan Jauhari, Ramadhan Sananta.

Malaysia: Muhammad Rahadiazli; Muhammad Ubaidillah, Rakesh Munnusamy, Nik Umar Nik Aziz, Muhammad Najmudin Akmal; Saiful Jamaluddin, Mohd Aiman Afif, Ruventhiran, Syahir Bashah; Muhammad Aliff Izwan, Harith Akif.

  • Bagikan