Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF U-23, Langsung Ketemu Musuh Bebuyutan

  • Bagikan

Ramadhan Sananta menjadi andalan Timnas Indonesia di lini depan. --pssi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BANGKOK-- Nasib mujur dialami timnas Indonesia. Ramadhan Sananta cs akhirnya dipastikan melaju ke semifinal Piala AFF U-23 2023.
Di semifinal, Indonesia akan bersua dengan tuan rumah Thailand yang juga musuh bebuyutannya selama ini. Dijadwalkan, kedua tim akan bentrok, Kamis, 24 Agustus 2023 mendatang.

Timnas Indonesia dinyatakan sebagai runner-up terbaik. Jatah ini diraih usai Vietnam dan Malaysia berhasil meraih kemenangan di laga terakhir fase grup.

Kedua tim bermain di PTT Stadium, Selasa, 22 Agustus 2023 malam Wita. Malaysia berhasil melumat Timor Lester 3-1. Adalah Alif Ikmalrizal Anuar mencetak dua gol di menit ke-5 dan 64. Satu gol lagi dicetak Aliff Izwan di menit ke-13. Gol hiburan Timor Leste hadir lewat Olagar Xavier (41').

Dengan hasil ini, Malaysia menempati posisi pertama klasemen akhir Grup B dengan enam poin, hasil dari dua kemenangan. Indonesia menempati posisi kedua dengan tiga poin.

Meski hanya berada di urutan kedua, Garuda Muda tetap melaju ke semifinal karena di saat bersamaan Vietnam mengalahkan Filipina 1-0 dalam laga Grup C di Rayong Provincial Stadium. Gol tunggal Huu Tuan Nguyen menjadi pembeda kedua tim.

Hasil di atas membuat Vietnam menempati klasemen akhir Grup C dengan enam poin dari dua laga, sedangkan Filipina hanya meraih satu poin, sama dengan Laos.

Indonesia menjadi yang terbaik di antara tiga negara penghuni peringkat dua klasemen akhir di tiga grup berbeda. Di Grup A, Kamboja memiliki empat poin, namun diraih dari tiga laga.

Khusus untuk Grup A, kemenangan atas tim juru kunci tidak dihitung, sehingga dalam situasi ini Kamboja hanya dinilai mendapat satu poin dari dua laga karena tiga poin lainnya diraih usai menekuk Brunei yang finis di peringkat terakhir.

Filipina juga hanya meraih satu poin dari dua laga, sedangkan Indonesia memiliki tiga poin. Dengan demikian, skuad asuhan Shin Tae-yong akan menemani Thailand, Malaysia, dan Vietnam sebagai semifinalis Piala AFF U-23 2023.

Seperti diketahui,
Indonesia yang menelan kekalahan dari Malaysia di laga perdana Grup B harus berjuang lewat jalur runner up terbaik.

Kepastian itu didapat setelah Malaysia sukses mengalahkan Timor Leste 3-1 di laga penentu. Sehari sebelumnya Indonesia menang 1-0 atas Timor Leste.

Hasil ini membuat Malaysia finis sebagai juara Grup B dengan koleksi enam poin, hasil dari dua kemenangan beruntun. Sementara Indonesia harus puas di posisi runner up dengan raihan tiga angka.

Malaysia berhak lolos ke semifinal mengikuti jejak Thailand yang sehari sebelumnya sudah memastikan satu tempat ke empat besar usai finis sebagai juara Grup A.

Dengan demikian, Indonesia akan berhadapan dengan tuan rumah Thailand di babak semifinal. Sementara Malaysia akan bersua Vietnam.

Adapun jadwal pertandingan semifinal akan dihelat di Stadion Rayong pada Kamis, 24 Agustus 2023. Laga Malaysia vs Vietnam bakal digelar pukul 17.00 Wita, sementara kick off Thailand vs Indonesia berlangsung pukul 21.00 Wita.

Semifinal Piala AFF U-23 2023, Kamis (24/8):
17.00 Wita Malaysia vs Vietnam
21.00 Wita Thailand vs Indonesia. (*/pp)

  • Bagikan