Ratusan Mahasiswa IAIN Berbagai Jurusan Pembekalan Program Latihan Profesi

  • Bagikan
  • Citizen Reporter
    Nur Ulfa
    (Mahasiswa Magang IAIN Palopo)


    BALANDAI-- Ratusan mahasiswa dari Program Studi mengikuti kegiatan Pembekalan Program Latihan Profesi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (PLP-FTIK) di Auditorium Phinisi IAIN Palopo pada 23-24 Agustus 2023.

    Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh kampus yang diikuti oleh berbagai program studi yakni Prodi PGMI, PIAUD, PAI, PBA, PBI, Pendidikan Matematika, MPI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK).

    Menurut salah satu mahasiswi Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palopo Semester VI, Urmila Rahmadani, Jum'at, 25 Agustus 2023 kemarin, pembekalan ini dilaksanakan dua hari.

    Hari pertama kegiatan, Rabu, 23 Agustus 2023, dimulai dengan pembukaan pada pukul 08.00 WITA yang dihadiri oleh Rektor IAIN Palopo, Dr. Abbas Langaji, M.Ag, Dekan FTIK, Prof. Dr. Sukirman, M.Pd, Wadek 1 FTIK, Hj. Nursaeni, S.Ag, Wadek 2 FTIK, Alia Lestari, S.Si., M.Si, dan Wadek 3 FTIK, Dr. Takwa, M.PdI, jajaran Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi se Fakultas Tarbiyah.

    Pada saat pembukaan Dr. Abbas Langaji (Rektor IAIN Palopo) salah satu pesan yang disampaikan bahwa no integrity, no job. Supaya bisa punya tempat dan pekerjaan di masyarakat, harus teguh pendirian dan punya integritas. Mulai dari hal-hal sederhana seperti kebiasaan ontime, beradab ketika berkomunikasi, tidak sambil memainkan gawai.

    Lalu dilanjutkan pada pukul 09.00 WITA materi pertama oleh Kepala Dinas Kota Palopo. Kemudian pada pukul 15.30 WITA materi kedua oleh Kepala KUA Kota Palopo.

    Pada hari kedua, Kamis, 24 Agustus 2023, dimulai pada pukul 08.00 WITA materi pertama oleh Dekan FTIK, Prof. Dr. Sukirman, M.Pd. Lalu dilanjutkan pada pukul 15.30 WITA materi kedua oleh Wakil Dekan 1, Hj. Nursaeni, S.Ag.

    Kemudian dilanjut dengan penutupan sekaligus pengumuman pemetaan lokasi Program Latihan Profesi (PLP) serta pembagian kelompok setiap Program Studi.

    Menurut salah satu mahasiswi yang mengikuti pembekalan PLP, Urmila Rahmadani bahwa dengan adanya pembekalan sebelum terjun ke lokasi PLP bisa tahu gambaran umum sesuatu yang akan dihadapi selama dua bulan ke depan. Mulai dari bagaimana kondisi umum pendidikan di Kota Palopo serta tantangannya.

    Diajarkan mengenai bagaimana seharusnya bersikap dan beradab ketika di sekolah, diajari trik monitoring kelas supaya siswa segan saat melaksanakan PLP, diajari tentang tugas-tugas yang harus dikerjakan selama PLP dan tentang bentuk laporan kegiatannya. Juga bisa tahu gambaran umum peralihan dari Kurikulum (K-13) ke Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

    Panitianya juga luar biasa karena sudah berusaha totalitas dan bisa persiapkan mulai dari persiapan pembekalan hingga pemetaan lokasi PLP dalam waktu yang singkat. (*/ikh)
  • Bagikan