UMPTKIN, IAIN Palopo Siapkan 120 Komputer

  • Bagikan

* Citizen Reporter
Hasniar
(Mahasiswa Magang IAIN Palopo)


PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BALANDAI--
Dengan adanya perubahan kebijakan Penerimaan Mahasiswan Baru (PMB) dengan menggunakan Sistem Seleksi Elektronik di Tempat atau SSE On Side, IAIN Palopo mempersiapkan 90 hingga 120 komputer dalam tahap Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN).

Hal tersebut diungkapkan Ketua Panitia Sosialisasi PMB IAIN Palopo, Dr H Muammar Arafat Yusmad SH MH yang ditemui penulis di ruang kerjanya, Selasa, 29 Agustus 2023.

Menurutnya, pada tahun sebelumnya, pihak kampus IAIN hanya menggunakan satu komputer untuk pengawas dalam UMPTKIN. Dimana pada satu komputer tersebut, dapat mengawasi satu ruang ujian yang mencakup hingga tiga puluh calon mahasiswa.

Dibandingkan dengan tahun ini, pihak kampus mempersiapkan sebanyak sekitar 120 komputer. Dimana, terdapat empat ruangan yang digunakan dan setiap ruangan memiliki 30 komputer untuk tiga puluh calon mahasiswa yang melakukan ujian tiap sesinya.

Terdapat empat tahapan PMB IAIN Palopo. Yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN), Mandiri Prestasi Akademik, dan juga Mandiri Umum.

SPAN-PTKIN sendiri berlangsung secara online pada 17 Januari hingga 3 April 2023. Dilanjut dengan jalur UM-PTKIN pada tanggal 10 April hingga 5 Juli 2023 dengan sistem pendaftaran online dan ujian dengan dengan sistem offline.

Kemudian dilanjutkan jalur Mandiri Prestasi Non Akademik yang berlangsung pada 8 Juni hingga 3 Juli 2023 secara online. Dan ditutup dengan jalur Mandiri Umum pada 8 Juni hingga 20 Juli 2023.

Dr Muammar juga mengungkapkan bahwa tidak ada gangguan yang dialami baik itu dari segi jaringan maupun perangkat dalam tahap Ujian Masuk Perguruan Tinggi Islam Negeri (UMPTKIN) hingga pada tahap seleksi mandiri berlangsung. (*/ikh)

  • Bagikan