IAIN Palopo Resmi Jadi BLU, Rektor Dr Abbas Langaji: Terima Kasih Pak Menteri Agama!

  • Bagikan
Rektor IAIN Palopo Dr. Abbas Langaji, M.Ag

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO--Kementrian Keuangan (Menkeu) RI secara resmi menetapkan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo sebagai PTN pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum (BLU).

Hal tersebut sesuai dengan Surat Keputusan tertanggal 27 Agustus 2023 dengan Nomor: 307 Tahun 2023 tentang penetapan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo sebagai instansi pemerintah atau Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menerapkan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum (BLU).

Rektor IAIN Palopo Dr. Abbas Langaji, MAg mengungkapkan, rasa syukur dan terima kasih kepada pemerintah khususnya Kementerian Agama RI dan Kementerian Keuangan RI atas dipercayakannya IAIN Palopo sebagai salah satu satuan kerja BLU.

“Rektor dan segenap sivitas akademika IAIN Palopo mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah dalam hal ini Menteri Agama dan Menteri Keuangan telah mempercayakan IAIN Palopo sebagai Perguruan Tinggi Negeri dengan pola pengelolaan Badan Layanan Umum,” terang rektor dalam kegiatan rapat sosialisasi penerapan BLU di Aula Rektorat, Rabu, 30 Agustus 2023.

Penetapan IAIN Palopo sebagai BLU merupakan satu kegembiraan bagi keluarga besar IAIN Palopo meskipun di satu sisi kata rektor, hal tersebut menjadi tantangan tersendiri di masa kepemimpinannya.

“Ini adalah tantangan, tapi kita yakini di balik tantangan ada banyak peluang dan harapan besar bagi kampus untuk segera bertransformasi menjadi Universitas Islam Negeri Palopo,” ungkapnya.

Selain itu, Rektor Abbas meyakini, bahwa penerapan BLU ini menjadi langkah cepat dalam mewujudkan visi kepemimpinannya, yakni, “Akselerasi Transformasi IAIN Palopo Menjadi Smart and Green Campus yang Bereputasi Nasional Berbasis Integrasi Keilmuan."

Tak lupa juga Rektor mengucapkan terima kasih kepada Tim IAIN Palopo pada periode sebelumnya, di bawah kepemimpinan Prof Dr Abdul Pirol MAg. Dimana tidak lelah mempersiapkan banyak hal, mulai dari pemberkasan hingga persyaratan yang harus dipenuhi, dengan berbagai langkah taktis-strategis, sehingga proses ini berbuah hasil nyata yang luar biasa.

Saat yang sama melalui zoom meeting, Analis Pengelolaan Keuangan APBN Ahli Madya Setjen Kemenag RI, Agusli Ilyas S.Sos. MSi, menyampaikan selamat kepada IAIN Palopo yang ditetapkan sebagai PTN-BLU.

ia berharap, PTKIN khususnya IAIN Palopo yang telah ditetapkan segera menerapkan langkah-langkah fleksibilitas sebagai PTN-BLU.(rls)

  • Bagikan