Dosen ATI Dewantara Laksanakan PBM Rumput Laut di Desa Tirowali

  • Bagikan

Dari kiri ke kanan: narasumber, Ketua UKM Mutiara Katoni, Kepala Desa Tirowali, dan Ketua Tim Pelaksana PBM foto bersama pada kegiatan PBM. --ft: istimewa


PALOPOPOS. CO. ID, PONRANG– Kegiatan Pemberdayaan Berbasis Masyarakat (PBM) kelompok pembudidaya rumput laut Eucheuma Cottoni dilakukan Tim Pelaksana PKM sebagai bentuk partisipasi civitas akademika ATI Dewantara Palopo dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Tirowali Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu.

Kegiatan yang diketuai oleh Dosen ATI Dewantara, St. Fatimah, S.Pd., M.Si. merupakan kolaborasi dengan dosen dari institusi lain yaitu Putriyani S, S.Pd., M.Pd. dari Universitas Muhammadiyah Enrekang dan Suraidah Sarbia, S.M., M.M dari Universitas Muhammadiyah Palopo.

Kegiatan PBM ini dilaksanakan pada 18 Juni – 30 Agustus 2023 dengan tahap survei lokasi dan potensi mitra, sosialisasi dan pelatihan, pendampingan pemilihan bibit unggul, pemasangan bibit dengan metode long line, monitoring tanaman rumput laut, pendampingan panen dan pasca panen.

Selain itu, masyarakat dibekali manajemen kelembagaan dalam memperluas jaringan pasar penjualan hasil panen rumput laut.

Dalam kegiatan sosialisasi dan pelatihan, dihadiri oleh Kepala Desa Tirowali, Ilham Ahmad, S.Pd. dan Kepala Bidang penyuluhan Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Luwu Utara, Safaruddin, S.P., M.P sebagai pemateri pelatihan budidaya rumput laut.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan bantuan modal usaha bibit unggul dan teknologi dalam menunjang kegiatan budidaya rumput laut Eucheuma Cottoni.

Luaran dari kegiatan ini berupa product knowledge masyarakat yaitu peningkatan keterampilan budidaya rumput laut Eucheuma Cottoni dan terbangunnya kelembagaan kelompok pembudidaya rumput laut di Desa Tirowali.

Ketua UKM Mutiara Katoni, Jusli menyampaikan apresiasi yang tinggi dan rasa terima kasih kepada Tim Pelaksana PBM dan Kemenristekdikti telah memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam budidaya dalam meningkatkan kualitas dan hasil panen rumput lautnya.

Disamping itu, Kepala Desa Tirowali sangat bersyukur atas terpilihnya Desa Tirowali sebagai lokasi kegiatan PBM agar menjadi bekal pengetahuan dan keterampilan masyarakat Desa Tirowali dalam membudidayakan rumput laut Eucheuma cottoni sehingga akan meningkatkan hasil panen masyarakat yang akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat Desa Tirowali. (rls/ikh)

  • Bagikan