Selain Bantuan Kemensos RI, Anggota Paskibraka Nasional Stevia Terima Penghargaan

  • Bagikan

Stevia Azalia Saranga anggota Paskibraka tingkat nasional tahun 2023 (ujung kiri) bersama empat Paskibra tingkat Provinsi mendapat penghargaan dari Pemkab Tana Toraja saat puncak HUT ke 66 Kabupaten Tana Toraja dan Hari Jadi Toraja ke -776 di Lapagan Ulusalu, Kecamatan Saluputti, Kamis (31/8/2023). --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Stevia Azalia Saranga, anggota Pasuka Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat nasional perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan menerima penghargaan.

Pelajar SMA Negeri 5 Tana Toraja asal Lembang (Desa) Turunan, Kecamatan Sangalla, Tana Toraja itu mendapat penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Tana Toraja.

Bupati Theofilus Allorerung menyerahkan langsung penghargaan pada puncak perayaan HUT ke-66 Kabupaten Tana Toraja dan Hari Jadi Toraja ke-776 di Lapangan Ulusalu, Kecamatan Saluputti pada Kamis (31/8/2023) lalu.

Disaksikan langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman (Andalan) dan Wabup Tana Toraja, dr. Zadrak Tombeg.

Tidak hanya sendiri, Stevia menerima penghargaan bersama empat orang Paskibraka tingkat Provinsi Sulsel.

Usai menerima penghargaan dari Pemkab Tana Toraja, Stevia merasa bersyukur atas berkat Tuhan.

“Yang pastinya saya sangat bersyukur, bersyukur kepada Tuhan untuk semuanya atas anugrahnya yang diberikan kepada saya terpilih mewakili Sulsel menjadi anggota Paskibaraka putri ke tingkat pusat tahun ini,” ucapnya saat dihubungi, Senin (4/9/2023).

Stevia Azalia Saranga menjadi Paskibraka bertugas menurunkan bendera sang merah putih pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 di istana negara, Jakarta Pusat.

“Saya dapat tugas menurunkan bendera dan saya sudah kembali ke Toraja berkumpul bersama teman-teman Paskibra tingkat kabupaten,” ungkapnya.

Lanjut Stevia mengatakan, apa yang dialami semua ini boleh terjadi karena berkat Tuhan.

“Saya bertugas dua kali di istana negara, saat pengibaran bendera saya tergabung dalam tim B Indonesia Maju dan penurunan bendera saya gabung ke tim A Indonesia Jaya,” imbuhnya.

Sebelumnya, siswi kelas XI SMAN 5 Tana Toraja itu juga mendapat apreasiasi banyak pihak, salah satunya Kementrian Sosial (Kemensos) RI yang diserahkan Direktorat Anak Kemensos dan Sentra Wirajaya Makassar didampingi Pemprov Sulsel.

Bantuan diserahan berupa kebutuhan dasar sekolah untuk Stevia serta bantuan kios jualan (klontong) untuk nenek Stevia bernama Paulia Tupa’ yang selama ini merawatnya.

Tinggal bertahun tahun di sebuah rumah panggung bersama nenek, Pemkab Tana Toraja akan menyerahkan bantuan renovasi rumah yang diusulkan ke Kemensos melalui Program Rumah Sejahtera Terpadu (RST) pada program PKH. (Risna)

  • Bagikan