Pijat Spa dan Refleksi Ternyata Beda, Ini Perbedaannya Menurut Nindya Putri

  • Bagikan
Ilustrasi spa

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Badan merupakan aset yang sangat berharga dan wajib diperhatikan kesehatannya. Kurang tidur menjadikan tubuh terasa pegal linu.

Apabila kondisinya sudah seperti ini, kebanyakan orang memilih untuk pergi ke tempat perawatan tubuh salah satunya pijat.

Sebagian orang yang belum pernah melakukan perawatan tubuh mungkin akan bingung jika melihat pilihan menu antara pijat spa dan pijat refleksi. Keduanya memang sama-sama memiliki unsur pijat tetapi ternyata dua hal tersebut berbeda.

Lantas apa perbedaan antara spa dan refleksi?

Kepala LKP Nindya Putri, Umi Kalsum Winarta, menjelaskan, spa merupakan perawatan badan yang dilakukan dari ujung rambut hingga ujung kaki. Ada banyak hal yang ditawarkan dalam spa selain pijat seluruh tubuh, mulai dari creambath, facial, lulur, body scrub, manicure-pedicure, dan foot spa.

“Dari segi manfaat sebenarnya hampir sama tetapi kalau perawatan spa inikan menjangkau seluruh tubuh jadi pasca melakukan perawatan tubuh akan terasa lebih segar,” terang Umi dilansir dari laman Ditjen Vokasi Kemendikbud Ristek, seperti dilansir fajar.co.id, Selasa, 26 September 2023.

Sedangkan refleksi adalah salah satu teknik pijat yang biasanya dilakukan dari kaki.

Hal ini dikarenakan titik pijat pada kaki ini memiliki hubungan dengan saraf tubuh lainnya sehingga apabila ditekan pada titiknya akan memberikan rangsangan atau efek pada bagian tubuh lainnya.

“Terapis untuk pijat refleksi juga harus mempunyai pengetahuan tentang titik-titik saraf manusia, tidak bisa sembarangan karena hubungannya dengan saraf,” jelas Umi.

Itu dia letak perbedaannya. Meskipun terdapat hal yang berbeda, tetapi antara spa dan refleksi ini merupakan salah satu wadah untuk tubuh kita merelaksasikan diri sembari mengembalikan energi tubuh sehingga tingkat kejenuhan dan stres dalam diri kita bisa berkurang. (*/fjr/pp)

  • Bagikan