Dosen Prodi Ilmu Kelautan UMPalopo PkM di SD Tappong dan SD Ponjalae

  • Bagikan

Tim dosen Prodi Kelautan UMPalopo menyerahkan cinderamata kepada kepala SDN yang berlokasi di wilayah pesisir, Palopo. --ft: istimewa

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PONJALAE-- Tim dosen Program Studi (Prodi) Ilmu Kelautan Universitas Muhamamdiyah Palopo (UMPalopo) mengadakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SDN 13 Tappong dan SDN 7 Ponjalae, Rabu, 27 September 2023 lalu.

Menurut Ketua Tim PKM Prodi Ilmu Kelautan UMP, Funty Septiyawati Polapa SKel MSi kepada Palopo Pos, Selasa, 3 Oktober 2023 kemarin, sasaran dari kegiatan ini adalah siswa kelas 4 yang diberi edukasi tentang pentingnya menjaga ekosistem laut melalui media buku animasi berjudul “Pepon Cinta Laut”.

Tim PKM terdiri Rahmawati Nur Annisa SSi MSi, Fajria Sari Sakaria SKel MSi, dan Syamsu Alam Ramli SPd MPd. Mereka melaksanan PKM dengan tema "Literasi Cinta Laut Kepada anak usia Dini Yang Lingkungan Pesisir Kota Palopo".

Menurut Funty, PKM merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, disamping dharma pendidikan dan pengajaran, serta dharma penelitian.

Tujuannya, memberikan edukasi lingkungan sejak dini melalui melalui buku animasi dalam upaya mengubah pola perilaku masyarakat pesisir dalam pemanfaatan sumber daya laut yang bekerlanjutan.

Kegiatan ini merupakan luaran dari hibah Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Kemendikbud dengan mitra kegiatan SDN 13 Tappong dan SDN 7 Ponjalae yang berlokasi di lingkungan pesisir Palopo.

Pemilihan media belajar buku animasi pada kegiatan PkM ini dikarenakan media ini dapat menyampaikan pesan yang ingin disampaikan oleh tim dosen dengan cara yang ringan dan mudah dipahami.

Metode ini digemari oleh anak-anak karena memiliki warna dan cerita sederhana, ilustrasi (gambar) dalam sajian yang menarik sehingga menjadi daya tarik bagi anak-anak untuk membacanya.

Selain itu, beberapa upaya yang diajarkan seperti pengurangan penggunaan sampah plastik yang langsung dipraktekkan oleh tim dengan membawa botol minum untuk dibagikan kepada anak-anak.

Upaya lain diangkat pada buku ini yaikni yang dapat dilakukan anak sekolah pada aktifitas sehari-hari. Beberapa contoh upaya yang disajikan seperti pengurangan penggunaan plastik, membuang sampah pada tempat yang disediakan, mendaur ulang sampah plastik, dan membawa tempat makan dan minum sendiri

Melalui kegiatan ini siswa akan lebih mengenal ekosistem laut. Pengetahuan akan dampak buruk perilaku manusia pada ekosistem. Sehingga siswa lebih peka pada lingkungan yang ada disekitar mereka. Siswa juga akan lebih aktif menerapkan perilaku peduli lingkungan pada aktivitas sehari-hari.

Masukan dari pihak sekolah agar kegiatan ini melibatkan lebih banyak siswa, sehingga dampaknya akan lebih besar. (ikh)

  • Bagikan