Kalah di Kandang dari Madura United, PSM Makassar Kini Dekati Zona Degradasi

  • Bagikan

PSM Makassar berhasil memetik poin penuh di pekan ke-10 kompetisi Liga 1 Indonesia, di laga menghadapi Persis Solo.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE -- PSM Makassar mengalami kekalahan menyesakkan di kandang saat meladeni Madura United.

Tim Juku Eja takluk dari Madura United dengan skor meyakinkan 2-0 di pekan ke-15 Liga Indonesia musim 2023/2024.

Dengan kekalahan ini, Pasukan Laskar Ramang sudah menelan lima kali kekalahan beruntun di berbagai even.

Pertandingan antara PSM Makassar menghadapi Madura United sendiri tersaji di Stadion Gelora Mandiri, Kota Parepare, Minggu, 8 Oktober 2023.

Adapun gol-gol terjadi di pertandingan ini berhasil di ciptakan oleh Madura United melalui gol cepat dari Malik Risaldi di menit keenam dan Lulinha di menit ke-52.

Jalannya Pertandingan

Pada awal babak pertama, tim tamu Madura United justru mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu di banding PSM Makassar yang berstatus tim tuan rumah.

Hasilnya, pada menit keenam PSM dikejutkan oleh gol cepat dari Malik Risaldi usai memanfaatkan umpan silang dari rekannya di sisi kiri gawang Reza Arya Pratama.

Setelah gol cepat itu, Madura United seolah tampil lebih percaya diri dengan lebih menguasai jalannya pertandingan di babak pertama.

Beberapa peluang berhasil diciptakan, namun mereka belum mampu menciptakan gol kedua mereka di pertandingan ini.

Pertandingan memasuki menit ke-15, PSM Makassar mulai bangkit dan lebih terlihat menguasai jalannya pertandingan sekaligus mengejar ketertinggalan.

Beberapa kali dari sisi sayap melalui Adilson Silva dan Dzaky Asraf melakukan upaya tusukan ke gawang Wawan Hendrawan.

Pada menit ke-20, kemelut di depan gawang Madura United hampir di manfaatkan dengan baik. Sayang upaya dari Donald Bissa masih gagal.

Madura United kembali mengancam gawang dari PSM Makassar, Sayang upaya dari Rivera Davalos di menit ke-33 masih mampu di tangkap dengan baik oleh Reza Arya Pratama.

PSM Makassar berbalik mengancam gawang Madura United, dari sisi kanan Everton memberikan umpan matang ke tengah. Sayang sepakan dari M Arfan masih mampu di halau oleh lini pertahanan lawan.

Madura United hampir saja menggandakan keunggulan di menit ke-39. Namun, Reza Arya Pratama melakukan save krusial menepis sundulan dari Brandao Junior.

Di menit 45+2, PSM hampir menyamakan kedudukan. Sayangnya upaya dari Everton Nascimento masih mampu di gagalkan.

Sampai peluit panjang tanda berakhir babak pertama di bunyikan tak ada lagi gol yang tercipta. PSM Makassar untuk sementara tertinggal 1-0 dari Madura United.

Pertandingan masuk babak kedua, baik Madura United atau PSM Makassar langsung bermain dengan pressing tinggi. Hanya saja, tuan sedikit lebih mendominasi.

Baru tujuh menit berjalan di babak kedua, Madura United berhasil mengandakan keunggulan. Lulinha mencetak gol usai memanfaatkan asisst manis dari rekannya di sisi kanan. Skor 0-2 untuk Madura United.

Peluang terbaik untuk PSM Maksssar hadir di menit ke-63 melalui Everton Nascimento. Berawal dari kemelut ia yang berhasil mendapatkan bola gagal usai sepakannya masih terlalu lemah.

Pada menit ke-70, Everton lagi-lagi mendapatkan peluang. Sayang, sundulan masih mampu di halau oleh Wawan Hendrawan.

PSM Makassar kembali mendapatkan peluang matang di menit ke-77 melalui Mufli Hidayat. Namun, sepakannya di sudut sempit masih mampu di halau oleh kiper Madura United.

Madura United hampir memperlebar keunggulannya di menit ke-89 melalui Rivera Davalos sayang ia yang memanfaatkan kelengahan dari Reza Arya gagal usai sepakannya membentur mistar gawang.

Sampai peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan di bunyikan tidak ada lagi gol yang tercipta. PSM Makassar pun harus takluk 2-0 dari Madura United.

Dengan hasil ini PSM Makassar kini menempati peringkat ke 14, hanya berjarak 2 strip dari zona degradasi. Sementara Madura United kokoh di runner up klasemen sementara. (fajar/pp)

Susunan Pemain PSM Makassar Vs Madura United

PSM Makassar (3-4-3)
Reza Arya Pratama; Safrudin Tahar, Yuran Fernandes, Daffa Salman; Yance Sayuri, Akbar Tanjung, M Arfan, Dzaky Asraf; Everton Nascimento, Adilson Silva, Donald Bissa.

Pelatih: Bernardo Tavares.

Madura United (4-3-3)
Wawan Hendrawan; Cleberson, Fachruddin Aryanto, Koko Ari, Kartika Putra; Francisco Davalos, Jacob Mahler, Hugo Gomes; Jose Brandao Junior, Marcelo Reis, Malik Risaldi.

Pelatih: Mauricio Souza.

KLASEMEN SEMENTARA LIGA 1

  • Bagikan