Kementerian BUMN Apresiasi BNI Xpora Bantu UMKM Ekspor

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID JAKARTA -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara mengapresiasi PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI melalui program BNI Xpora yang proaktif membantu pelaku UMKM untuk dapat go global.

Staf Khusus BUMN Arya Sinulingga berpendapat saat ini pelaku UMKM dapat dengan mudah menghubungi BNI untuk segala macam kebutuhan mulai dari pendampingan, pendanaan, hingga business matching untuk go global.

“Jadi semua yang dimiliki BUMN itu kita manfaatkan untuk mendorong UMKM. Mulai dari lokal, pembukaan pasar, pembukaan pasar global kita dorong BNI masuk ke sini. Dengan cara begini kalau ada UMKM yang punya market bagus dan butuh pendanaan, biasanya kami langsung rekomendasikan ke BNI Xpora. Karena kita lihat ini yang paling bermanfaat,” ungkapnya.

Adapun, BNI Xpora sendiri merupakan sebuah one stop shopping solution untuk mendukung potensi UMKM Indonesia agar dapat mengembangkan bisnisnya. BNI Xpora hadir dengan berbagai program, yang salah satunya adalah membantu memberi pelatihan dan pendampingan terkait peningkatan kualitas produk, sehingga dapat bersaing sampai kancah internasional.

BNI Xpora juga telah bekerja sama dengan berbagai instansi dalam memberikan pelatihan terkait prosedur dan lisensi ekspor seperti Kementerian Perdagangan, Bea Cukai, Bank Indonesia (BI) dan lainnya.

BNI Xpora juga akan memberikan program pembiayaan dengan bunga kompetitif dan proses yang lebih mudah, yang bernama Fast Trex untuk mengatasi masalah ini.

Selain itu, BNI Xpora menyediakan wadah digital portal bagi para pelaku UMKM dan diaspora atau global buyer untuk bertemu dan melakukan match making. Digital portal BNI Xpora juga menyediakan berbagai informasi serta solusi bagi para pelaku ekspor. Melalui BNI Xpora, UMKM diberikan akses pasar ke luar negeri berupa penyediaan event pameran maupun business matching dengan diaspora atau global buyer.

Arya mengatakan bahwa BNI Xpora menjadi bentuk keberpihakan BUMN kepada UMKM yang ingin go global.

“BNI memang didorong oleh Pak Erick Thohir untuk mendorong dan mengembangkan bisnis-bisnis diaspora di luar negeri. Kita kan tahu teman-teman dari Thailand dan Vietnam itu kan sangat disupport oleh pemerintahnya. Jadi kita dorong ke sana juga. BNI juga memberikan fasilitas kredit bagi kawan-kawan Indonesia UMKM,” ujar Arya. (*)

  • Bagikan