Fakta Atau Mitos: Wortel Bisa Sembuhkan Mata Minus? Ini Penjelasan Dr Basuki

  • Bagikan

Dr. Basuki Rokhmad SpM

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Wortel tidakxasing lagi bagi kita. Hampir tiap sayur pasti ada potongan wortelnya.

Dan, ternyata, wortel merupakan salah satu makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

Menurut Dr. Basuki Rokhmad SpM, prosesnya dalam kanal YouTubenya, yang FAJAR.CO.ID (palopopos grup) dirangkum, Selasa, 5 Desember 2023.

Menurut Basuki Rokhmad, meskipun tidak semua penyakit mata dapat dicegah dengan mengkonsumsi wortel, ada beberapa kelainan yang dapat diantisipasi dengan mengonsumsi buah ini.

Pertama, wortel mengandung beta-karoten, provitamin A yang penting untuk kesehatan mata. Provitamin A ini dipecah dan diolah menjadi vitamin A dalam tubuh.

"Vitamin A berpengaruh pada sel batang di retina yang terdiri dari sel batang dan sel kerucut. Keduanya sangat peka terhadap cahaya yang masuk ke mata," jelasnya.

Sel kerucut menangkap cahaya terang, sedangkan sel batang menangkap cahaya remang-remang.

Kedua jenis sel ini, bebernya, mengubah sinar cahaya menjadi sinyal listrik yang diteruskan ke otak melalui saraf mata, kemudian diterjemahkan dalam bentuk visual.

Pada kondisi remang-remang, cahaya yang masuk akan ditangkap oleh rhodopsin pada sel batang.

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rabun ayam atau rabun senja, mengakibatkan penglihatan tidak jelas saat malam hari.

Jika tidak diatasi, kondisi ini dapat merusak sel retina secara menyeluruh dan menyebabkan xerophthalmia, yang bisa menyebabkan kebutaan permanen.

Kelainan kedua yang dapat dicegah adalah degenerasi makula, gangguan penglihatan akibat kerusakan pada makula, titik kecil di dekat pusat retina.

Gejala umumnya termasuk pandangan buram di bagian tengah pusat penglihatan. Pencegahannya melibatkan konsumsi beta-karoten, terutama dikombinasikan dengan vitamin lain sebagai antioksidan, untuk menurunkan risiko kehilangan penglihatan akibat degenerasi makula.

Ketiga, wortel juga dapat membantu mencegah katarak, penyakit mata yang membuat lensa mata menjadi keruh dan menyebabkan penglihatan buram.

Antioksidan seperti beta-karoten dapat melawan efek penuaan dan radikal bebas yang menyebabkan katarak.

Namun, perlu dicatat bahwa mitos tentang wortel menyembuhkan mata minus tidak benar.

Dr. Basuki Rokhmad SpM menjelaskan, wortel tidak bisa menyembuhkan mata minus, tetapi konsumsinya tetap bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, terutama jika dikombinasikan dengan buah-buahan lain yang mengandung beta-karoten seperti tomat, pepaya, pisang, apel, dan semangka. (fjr/pp)

  • Bagikan