Pasca Debat Capres, Tim Klaim Elektabilitas Jagoannya Naik

  • Bagikan
Capres saat debat pertama. --fjr--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Usai debat perdana calon presiden kemarin malam, semua tim mengklaim elektabilitas jagoannya naik. Semua sudah menampilkan performa terbaiknya.

Ini juga yang diakui oleh tim pasangan Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) di Sulsel. Kata mereka, secara signifikan respons masyarakat sangat baik dan antusias menyambut Anies. Hal itu ditegaskan juru bicara Timnas AMIN Ismail Bachtiar.

"Jejak semua platform jajak pendapat yang ada di media sosial menempatkan Pak Anies di urutan pertama, dengan perbandingan sekitar 60 persen lebih. Kalau yang lain baru di kisaran 20-an persen saja,” ujarnya, Rabu, 13 Desember.

Lebih lanjut dia mengatakan, klaim ini bukan hanya omongan belaka. Sebab, tim sosial media mereka langsung bergerak masif beberapa saat pascadebat selesai.

”Data ini bukan mengada-ada, karena tim medsos kami juga sudah pastikan itu. Respon positif untuk Pak Anies itu ada di 220 ribu lebih, Pak Prabowo 210 ribu-an dan Pak Ganjar puluhan ribu,” lanjutnya.

Kemudian, Ismail mengatakan tim menyambut baik respon positif masyarakat ini. Namun mereka menegaskan tidak akan berada di atas angin, sebab kompetisi belum selesai.

"Kondisi tentu membuat kami semangat, karena bukan masyarakat medsos saja yang menyambut baik. Tim kami di lapangan juga melaporkan hal serupa,” imbuhnya.

Dia juga mengklaim, sejumlah media mainstream sudah banyak yang menyampaikan hal itu.

”Media juga kan mulai banyak yang ulas itu. Cuma memang secara persentase untuk kenaikan elektabilitas belum bisa kami klaim, karena harus melalui riset ilmiah," ungkapnya.

Namun begitu, Timnas belum menentukan seperti apa langkah mereka selanjutnya. Sebab pasca debat, tim belum sempat berkumpul karena kesibukan yang sudah terjadwal.

”Gerakan lanjutan belum kami bahas, karena kami belum sempat bertemu. Tadi pagi Cak Imin langsung ke tanah suci dan Pak Anies ke Pekanbaru. Jadi belum ada lanjutan,” bebernya.

Begitu juga dengan tim Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto. Ketua TKD Prabowo-Gibran Sulsel Andi Damisnur menegaskan, debat menjadu acuan yang baik bagi masyarakat untuk memilih jagoannya.

Kata dia, respon masyarakat pun sangat baik dan arahnya positif. Sehingga, mereka akan terus lebih gigih dalam bekerja agar respon itu terjaga dan di TPS masyarakat memilih pasangan calon usungan mereka.

”Sangat baik, sudah sesuai visi dan misi. Respons masyarakat juga sangat baik, kami sangat optimis melihat ini. Semoga nanti di TPS masyarakat bisa memilih Pak Prabowo dan Mas Gibran sebagai presiden dan wakil presiden,” ungkapnya.

Sementara juru bicara TPD Ganjar-Mahfud Sulsel Muhammad Iqbal Arifin menegaskan, ketegasan Ganjar dalam debat mengundang respon yang sangat baik dari masyarakat Sulsel.

”Saya rasa ini baik, karena masyarakat memberikan respon yang sangat baik. Perbincangan warkop juga kan banyak membahas itu. Ini menandakan bahwa masyarakat mampu menilai baik seperti apa gagasan yang disampaikan Pak Ganjar,” kata dia.

Dewan Kehormatan DPD PDIP Sulsel Ansyari Mangkona juga menegaskan hal serupa. Dia mengaku mendapat telepon dari sejumlah masyarakat yang ada di beberapa daerah di Sulsel, yang menyatakan sepenuhnya mendukung Ganjar-Mahfud.

”Wah ini luar biasa sekali, karena respons masyarakat di daerah sangat bagus. Saya saja dari semalam langsung ditelepon sama teman-teman di daerah, bahwa mereka sudah 100 persen menjatuhkan pilihan kepada Mas Ganjar,” ungkapnya.(*/fajar)

  • Bagikan