IGI Mitra Strategis Wujudkan Merdeka Belajar

  • Bagikan

Pjs. Ketum IGI Dr. Jasmansyah, M.Pd. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BANDUNG-- Sebagai organisasi mandiri, inklusi, profesional, berwawasan global, dan mencerdaskan, Ikatan Guru Indonesia (IGI) merupakan mitra strategis dalam mewujudkan merdeka belajar.

Hal tersebut terungkap dalam sambutan Dirjen GTK Kemendikbudristek Prof. Dr. Nunuk Suryani,M.Pd dihadapan ratusan peserta HGN dan HUT IGI ke 14 di Trans Studio Bandung (17/12).

"IGI memiliki peran strategis dalam melakukan transfomasi pendidikan di Indonesia," jelasnya.

"Karena saya tau selama ini IGI konsentrasi penuh dalam peningkatan kompetensi guru" tambah Doktor dalam Ilmu Teknologi Pendidikan UNJ ini.

Prof. Nunuk juga berharap sesuai tema HGN 2023 Bergerak bersama rayakan merdeka belajar dan tema HUT IGI ke 14 Harmoni Guru Indonesia Belajar Bergerak Berkarya dan Berdampak diharapkan bisa bergotong royong dalam melakukan transformasi pendidikan melalui belajar berbagi dan saling menguatkan karena pendidikan merupakan tanggungjawab kita semua, sehingga organisasi profesi bersama pemerintah pusat hingga daerah dan semua menularkan segala bentuk perubahan sehingga pendidikan makin maju.

Sementara itu kepala dinas pendidikan Jawa Barat Drs. Wahyu Mijaya, SH,M.Si. mengajak seluruh guru untuk mengahadapi perubahan karena perubahan itu adalah hal yang mutlak sehingga guru harus memiliki kemampuan beradaptasi, mampu memamfaatkan peluang tetap membangun jaringan, fokus pada pembelajaran dan inovasi.

"Setiap tempat yang dilalui, merupakan tempat belajar, bukan tentang siapa yang menyampaikan tapi apa yang disampaikan" ungkap Wahyu.
"Didiklah anakmu sesuai dengan zamannya, karena kita hidup dizaman kita, dan anak anak hidup di zamannya" jelas Kadis Pendidikan Jabar ini.

Sementara itu Pjs Ketum Dr. Jasmansyah, M.Pd. menjelaskan bahwa tantangan IGI diusia yang ke 14 terus dihadapi dan dilalui dengan tetap fokus pada peningkatan mutu pendidikan. " makasih kepada semua pihak yang mempercaya IGI dalam bermitra memajukan pendidikan terutama kemendibudristek" ungkapnya.

"Kami terus menerima masukan dari semua pihak tertama dari pengurus wilayah dan daerah untuk memajukan organisasi profesi yang kita cintai ini" ungkap Jasmansyah yang juga guru di SMAN 2 Sukabumi ini.

Sementara itu, ketua wilayah IGI Jabar Anwar Sanusi berharap melalui HGN dan HUT IGI ke 14 ini mengajak kepada semua IGIers agar terus menjaga hati dan ihklas dalam menjalankan tugas sebagai guru sehingga bisa melahirkan generasi harapan bangsa.

Dalam kegiatan tersebut juga dirangkaian dengan pengumuman dan penyerahan hasil lomba dalam rangkaian HUT IGI ke 14 yaitu lomba menulis, lomba paduan suara mars IGI, guru inovatif serta beberapa rangkaian kegiatan.
Bahkan dalam kegiatan tersebut dihibur oleh beberapa artis Jawa Barat yang sangat dinikmati oleh peserta dan setelah itu para guru dan keluarganya menikmati berbagai wahana dalam trans studio Bandung.

Hal senada diungkapkan ketua panitia Abdul Wahid Nara bahwa kegiatan ini dikemas dalam bentuk hiburan agar guru bahagia "guru adalah garda terdepan memajukan pendidikan, sehingga guru harus bahagia." jelas waketum IGI pusat ini. "Makanya kami mengajak kepada guru untuk hadir di trans studio Bandung bersama keluarga untuk merayakan hut IGI ke 14" jelas Wahid Nara. (*/pp)

  • Bagikan