Dahsyatnya Manfaat Daun Murbei bagi Kesehatan, Salah Satunya Dapat Menurunkan Gula Darah dan Insulin

  • Bagikan
Gambar daun dan buah murbei di tangkai pohon (pinterest.com)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Pohon murbei memiliki buah dengan berbagai macam warna dan rasa.

Selain itu, mengonsumsi buah murbei secara rutin, akan memberikan manfaat untuk kesehatan.

Untuk diketahui, buah murbei terkenal di berbagai belahan dunia, karena buah yang satu ini mengandung vitamin dan mineral.

Tetapi, tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat untuk kesehatan, ternyata daun murbei dapat dijadikan sebagai pengobatan alami untuk berbagai macam kondisi.

Dilansir dari healthline.com, daun murbei berkhasiat tinggi, karena mengandung beberapa senyawa kuat, seperti antioksidan polifenol, seng, vitamin C, zat besi, kalsium, kalium, magnesium, serta fosfor.

Oleh karena itu, selain mengetahui senyawa yang terkandung di dalam daun murbei, alangkah baiknya tahu manfaat di balik kandungan tersebut. Berikut manfaat daun murbei untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Murbei untuk Kesehatan

Daun murbei dapat membantu beberapa permasalahan kesehatan, seperti menurunkan kolesterol, gula darah, hingga peradangan, berikut penjelasan dari setiap manfaat daun murbei.

  1. Menurunkan Gula Darah dan Insulin

Beberapa senyawa di dalam daun murbei dapat memerangi diabetes. Selain itu, daun ini dapat menurunkan kadar gula darah tinggi dan insulin, melalui hormon yang mengatur kadar gula darah

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ekstrak daun murbei dapat meningkatkan kesehatan jantung, yang memiliki cara kerja yaitu dengan mengurangi kadar kolesterol.

    Selain itu, beberapa manfaat lainya yaitu untuk mengurangi peradangan serta mencegah aterosklerosis atau penumpukan plak yang menyebabkan penyempitan arteri.

    Tidak hanya itu, penelitian terhadap hewan menunjukkan bahwa daun murbei dapat mencegah kerusakan sel dan tingkat tekanan darah tinggi.

    3. Mengurangi Peradangan

    Kandungan senyawa anti inflamasi yang melimpah pada daun murbei, seperti antioksidan dan flavonoid.

      Hasil penelitian menunjukkan bahwa daun murbei dapat melawan peradangan, serta stres oksidatif. Keduanya memiliki kaitan dengan penyakit kronis.

      Selain itu, penelitian terhadap tikus yang menjalani diet tinggi lemak menghasilkan temuan bahwa suplemen dari daun murbei dapat mengurangi penanda inflamasi dan penanda stres oksidatif.

      Selain beberapa penelitian menunjukkan kabar baik, penelitian terhadap manusia masih perlu dilakukan untuk memastikan kandung di dalam daun murbei aman untuk dikonsumsi.

      4. Anti Kanker

      Beberapa penelitian terhadap daun murbei mengaitkan dengan efek antikanker yang dapat melawan sel kanker hati dan sel kanker servik.

        5. Kesehatan Hati

        Telah dilakukan penelitian pada tabung reaksi dan hewan dengan hasil yang menunjukkan bahwa daun murbei dapat melindungi sel-sel hati dari kerusakan. Selain itu, dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada organ hati.

        6. Menurunkan Berat Badan

        Daun murbei dapat menurunkan berat badan, hal tersebut pernah dibuktikan melalui penelitian terhadap hewan pengerat. Daun murbei dapat membakar lemak dan mendorong penurunan berat badan.

          7. Mencerahkan Warna Kulit

          Ekstrak daun murbei dapat mencegah hiperpigmentasi atau bercak pada kulit yang terlihat gelap, sehingga dapat mencerahkan warna kulit alami.

          Selain begitu banyaknya manfaat bagi kesehat, alangkah baiknya sebelum mengonsumsi ekstrak atau suplemen daun murbei dapat mengonsultasikan terlebih dahulu kepada tenaga profesional. (jp/pp)

          • Bagikan