Wija Tana Luwu yang Maju Caleg Diprediksi Dominasi Lolos ke Senayan, Arsyad Kasmar: “Mammesaki” Perjuangkan Provinsi Tana Luwu

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Puluhan calon legislatif asal Tana Luwu kini bertarung untuk duduk di DPR RI. Berbagai langkah pun dilakukan untuk bisa menembus ketatnya menuju kursi di Senayan.

Untuk saat ini yang telah memasuki masa kampanye, tentunya para caleg asal Tana Luwu ini, memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk dipilih.

Dari rangkuman Palopo Pos dari Daftar Caleg Tetap, figur Wija To Luwu (WTL) yang maju caleg DPR RI dari Dapil Sulsel 3 ini yaitu, dimulai dari PKB ada nama Irwan Hamid, Amran SE, Ekowasis Budiarto, dan Nurhan Tabau. Partai Gerindra ada nama Hj Aisyah Tiar Arsyad Kasmar, Baso Unru, Andi Mudzakkar.

Dari PDIP ada nama Sarce Bandaso Tandiasik dan Golda Titing. Partai Golkar ada nama Muhammad Fauzi, Hasrul Rahman, drg Andi Fauziah Pujiwatie Hatta. Nasdem ada nama Judas Amir, Dr Hayarna Basmin, dan Putri Dakka. Partai Gelora ada nama Amru Saher, Ryan Latief. Partai KS ada nama Amri Arsyid. Partai Hanura ada nama Amsal S, Lanteng Bustami. Partai Demokrat ada nama Dhevy Bijak, Irjen Pol (P) Frederik Kalalembang, Dewi Sartika Pasande (DSP), Triyono Kusnan. Partai Perindo ada nama Romi Arfandi Tandiari. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ada Darwis Ismail.
Di Dapil Sulsel 3 ini, keberadaan setiap parpol berpeluang meloloskan Caleg mereka terutama dari mereka Wija To Luwu jika didasari dengan komitmen masyarakat Luwu Raya.

Dekan Fakultas Hukum Unanda Palopo, Dr Haedar Djidar memberi pandangannya terkait persaingan Pileg DPR RI khususnya di Dapil tiga ini.

Menurut Haedar, sangat besar peluang bagi Caleg dari Wija To Luwu lolos ke Senayan. Sehingga, untuk mewujudkan hal itu tentu sangat bergantung kepada masyarakat Tana Luwu itu sendiri yang ada di empat daerah ini yakni, Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur dan Kota Palopo.

"Masing-masing Parpol khsusnya Dapil Sulsel tiga ini mempunyai Caleg asal Wija To Luwu. Mereka ini tentu berpeluang lolos. Tinggal bagaimana kita sebagai masyarakat pemilih. Apakah kita menginginkan adanya Wija To Luwu ke Senayan atau tidak," ungkap Haedar, lewat ponselnya, Ahad 21 Januari 2024.

Demi mencapai tujuan ini dari apa yang diinginkan agar supaya ada keterwakilan Wija To Luwu ke Senayan maka langkah yang harus dilakukan masyarakat Luwu Raya harus memilih Caleg dari Wija To Luwu. Haedar menyebut, pada masing-masing Parpol ada beberapa Caleg Wija To Luwu yang terbilang Familiar dan tentu sangat terbuka untuk duduk di Senayan. Seperti, Andi Muzakkar, Unru Baso (Gerindra), Asrul Rahman (Golkar,) Devi Bijak (Demokrat), Darwis Ismail (PPP), Irwan Hamid, Nurhan Tabau (PKB) dan lain-lain sebagainya.

"Tidak apa-apa kita menonjolkan ego sentimentil ke daerahan. Jika ini dapat dilakukan masyarakat Luwu Raya maka sangat besar peluang Caleg dari Wija To Luwu ini lolos. Di samping juga jumlah orang Luwu di Senayan bisa bertambah," katanya.

Haedar juga melihat jumlah pemilih dari empat daerah ini sangat banyak dibanding jumlah pemilih yang ada di daerah lainnya yang masuk Dapil tiga ini. "Jika masyarakat Tana Luwu ini bersatu maka itu bisa diwujudkan. Lebih baik, masyarakat Luwu Raya ini memilih calon wakil mereka dari Tana Luwu,"katanya.

Mantan ketua KPU Palopo ini menambahkan, dengan semakin dekatnya hari pemilihan 14 Februari mendatang, maka sangat diharapkan Caleg DPR RI bergerak maksimal. "Khusus bagi Caleg perlu semakin memaksimalkan pergerakan ke masyarakat. Meyakinkan dan memastikan masyarakat pemilih," tandas Haedar.

KKLR
Sementara itu Ketua Umum BPP Kerukunan Keluarga Luwu Raya )KKLR), H. Arsyad Kasmar masih dalam momentum suasana Peringatan Hari Perlawanan Rakyat Luwu (HPRL-78) dan Hari Jadi Luwu (HJL-756), 23 Januari yang juga dalam atmosfer menuju Pileg 14 Februari 2024, mendatang, sangat mendukung bahkan mendoakan para Wija To Luwu (WTL) yang maju sebagai calon legislatif, khususnya di DPR RI dan DPRD Provinsi Sulsel dapat terpilih.

Bahkan, Arsyad mengimpikan dari tujuh kursi jatah wakil rakyat ke Senayan dari Dapil Sulsel 3 ini (Luwu Raya, Toraja, Enrekang, Pinrang, dan Sidrap) itu semuanya diisi Wija To Luwu.

Kepada Palopo Pos yang dihubungi, Rabu petang 24 Januari 2024, melalui telephone WhatsApp, H. Arsyad Kasmar yang juga saat ini ditugaskan Partai Gerindra maju sebagai Caleg DPRD Provinsi Sulsel nomor 3, mengharapkan kepada rekan-rekan sesama caleg silakan berjalan, silakan berjuang supaya dapat terpilih untuk dapat menjadi anggota DPR R, anggota DPRD Provinsi, dan di daerah.

Ia menjelaskan, anggota DPR RI dan Anggota DPRD provinsi sangat dibutuhkan Luwu Raya. Karena apa? DPR RI dan DPRD Provinsi inilah yang nantinya memperjuangkan Luwu Raya bagaimana bisa menjadi provinsi dan Luwu Tengah bisa terlaksana sebagai daerah otonom yang kelima di Tana Luwu.

"Mammesaki Perjuangkan Provinsi Tana Luwu. Kita paham betul politik itu indah kalau dilakukan secara dewasa, tetapi neraka politik kalau kita tidak siap kalah. Jadi kami harapkan kepada Kapoloku Ya Ngasangna, ayo pilih sesuai hati nurani, pilih anggota keluarga yang mana mau menjadi anggota DPR RI dan DPRD Provinsi, sehingga Wija To Luwu diwakili oleh keluarga-keluarga yang mumpuni, yang punya visi dan misi, yang punya SDM diharapkan membangun Tana Luwu, bisa memperjuangkan Luwu Raya menjadi provinsi. Itulah harapan saya kepada keluargaku. Siapapun pilihannya silakan pilihlah. Salamaki Tapada salama, terima kasih," tutup Arsyad mengakhiri telephone.(idris prasetiawan)

Figur WTL Maju Caleg DPR RI Dapil Sulsel 3

PKB : Irwan Hamid, Amran SE, Ekowasis Budiarto, dan Nurhan Tabau
Gerindra : Hj Aisyah Tiar Arsyad Kasmar, Baso Unru, Andi Mudzakkar
PDIP : Sarce Bandaso Tandiasik dan Golda Titing
Golkar : Muhammad Fauzi, Hasrul Rahman, drg Andi Fauziah Pujiwatie Hatta
NasDem : Judas Amir, Dr Hayarna Basmin, dan Putri Dakka
Gelora : Amru Saher, dan Ryan Latief
PKS : Amri Arsyid
Hanura : Amsal S, Lanteng Bustami
Demokrat: Dhevy Bijak, Irjen Pol (P) Frederik Kalalembang, Dewi Sartika Pasande (DSP), Triyono Kusnan
Perindo : Romi Arfandi Tandiari
PPP : Darwis Ismail. (***)

  • Bagikan