Hasil Piala Asia 2023: Korsel Tumbangkan Australia Secara Dramatis, Lawan Yordania di Semifinal

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, QATAR-- Luar biasa penampilan Timnas Korea Selatan. Mereka berhasil membungkam Australia di babak perempat final Piala Asia 2023 di Al Janoub Stadium, Jumat, 02 Februari 2024) malam Wita.

Pada duel sengit tersebut, terlihat Korea Selatan mendominasi penguasaan bola.

Hanya saja, di sisi lain Australia bermain cukup efektif dalam menyerang meski sayangnya kurang penyelesaian di depan gawang.

Akhirnya, Australia pun mencetak gol yang dihasilkan Craig Goodwin. Sementara gol Korea Selatan dipersembahkan Hwang Hee-chan dan Son Heung-min. Satu kartu merah juga dikeluarkan wasit untuk Aiden O'Neill.

Atas keberhasilan tersebut, Tim Warrior pun berhak maju ke babak semifinal. Mereka akan berhadapan dengan Yordania.

Pada babak pertama, Tim Negara Ginseng, mendominasi penguasaan bola di awal-awal laga. Australia pun dipaksa bermain di pertahanan mereka sendiri.

Hanya saja, Korsel sulit menembus pertahanan Australia. Justru Socceroos mendapat peluang pada menit ke-23. Mereka bisa melancarkan tembakan dari halfspace kiri melalui Craig Goodwin. Bola bisa diblok kiper Jo Hyeon-woo dan disambar pemain Australia lainnya. Untungnya bagi Jo, bola melebar ke sisi gawang.

Akhirnya, pada menit ke-32, Korea mencetak gol melalui Hwang Hee-chan. Ia mendapat umpan matang dari Seol Young-woo yang masuk ke halfspace kiri kotak penalti Australia. Namun gol itu tak disahkan karena Seol sebelumnya terjebak offside lebih dahulu.

Sayangnya kemudian Korea Selatan malah kebobolan lebih dahulu. Pada menit ke-42, gawang Jo akhirnya dijebol oleh tendangan kaki kiri Goodwin. 1-0.

Gol ini jadi penutup babak pertama. Australia 1-0 Korea Selatan.

Usai jeda, Korea Selatan menaikkan tempo permainannya. Mereka terus mengurung pertahanan Australia.

Hanya saja, Son Heung-min dkk sangat sulit menembus pertahanan berlapis Australia. Di sisi lain Socceroos kemudian coba untuk mengganti taktik agar tak terus bertahan.

Terlihat, mereka sempat menunjukkan tanda bisa keluar dari tekanan Korea Selatan. Pada menit ke-84 Duke sempat mendapat peluang mengancam gawang Taeguk Warriors dengan tandukannya. Tapi bola masih tak menemui target.

Tak berhasil menciptakan gol, Korea Selatan terus menekan Australia dari berbagai sisi.

Mereka mencoba mengirim umpan silang tapi selalu gagal. Ketika mencoba melakukan tusukan, lawan bermain dengan rapat sehingga tak ada celah bagi Taeguk Warriors untuk bermanuver.

Waktu kian menipis. Namun usaha Korea Selatan akhirnya membuahkan hasil. Son Heung-min dijegal di kotak terlarang oleh Lewis Miller dan Taeguk Warriors mendapat hadiah penalti pada menit 90+4! Dan, semenit kemudian, eksekusi Hwang Hee-chan sukses membuahkan gol. 1-1!

Gol ini pun menutup laga babak kedua. Australia 1-1 Korea Selatan.

Pada babak ekstra time, di babak ini, Korea Selatan mengambil inisiatif untuk terus bermain menyerang. Di sisi lain Australia tak bermain terlalu bertahan.

Duel pun banyak berlangsung di lini tengah. Namun secara perlahan Korea bisa menggedor pertahanan Australia lagi.

Usaha mereka akhirnya membuahkan hasil pada menit 104. Korea Selatan mendapat free kick sedikit di sisi luar pojok kanan kotak penalti Australia. Song Heung-min bisa mengeksekusi bola dengan sempurna. Bola mengarah ke sisi kanan gawang dan sempat disentuh Ryan tapi terlalu deras untuk dihentikan. 1-2!

Di saat mereka sedang mencoba bangkit, Australia malah mendapat pukulan telak. Gelandang mereka yakni Aiden O'Neill dikartu merah wasit setelah dianggap melakukan tekel berbahaya pada Hee-Chan pada menit 105+4. Mulanya wasit memberikan kartu kuning. Tapi setelah dinilai ulang dari VAR, wasit membatalkan kartu kuning itu dan langsung memberikan kartu merah.

Di babak kedua extra time, Korea Selatan masih tetap berusaha menekan Australia. Dua peluang emas sempat didapat pada menit 120. Namun semuanya masih bisa dimentahkan kiper Ryan dengan refleksnya yang brilian.

Dan, akhirnya, tak ada gol lagi yang tercipta. Australia kena comeback Selatan dengan skor 1-2 dan Korea Selatan mendapat tiket ke semifinal Piala Asia 2023. Korea Selatan akan melawan Yordania di semifinal mendatang, Selasa, 6 Februari 2024 mulai pukul 23.00 Wita. (*/net/pp)

Susunan Pemain

Australia: Mathew Ryan; Nathaniel Atkinson, Harry Souttar, Kye Rowles, Aziz Behich, Connor Metcalfe, Keanu Baccus, Jackson Irvine, Martin Boyle, Mitchell Duke, Craig Goodwin

Pelatih: Graham Arnold

Korea Selatan: Jo Hyeon-woo; Kim Tae-hwan, Kim Min-jae, Kim Young-gwon, Seol Young-woo, Hwang In-beom, Park Yong-woo, Lee Kang-in, Son Heung-min, Hwang Hee-chan, Lee Kang-in, Cho Gue-sung

Pelatih: Jürgen Klinsmann

  • Bagikan