Viral dengan Uang Panai Rp 10 Miliar, Putra Andi Amran Sulaiman Menikah 24 Februari Besok

  • Bagikan
Acara Mappacci Andi Amar Ma'ruf Sulaiman, di Makassar, Kamis (22/2/2024).

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Putra sulung Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman, Andi Amar Ma'ruf Sulaiman akan melangsungkan akad nikah sekaligus resepsi pernikahan besok, Sabtu 24 Februari 2024.

Resepsi akan digelar di Phinisi Ballroom Hotel Claro Kota Makassar, Sulawesi Selatan pukul 12.00 Wita. Kemudian pada 3 Maret 2024, juga akan digelar resepsi pernikahan di Hotel Bidakara Jakarta, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta Selatan.

Amar akan menikah dengan Ihsani Nurul Izzah, gadis bugis asal Kabupaten Soppeng. Enon, sapaan karib Ihsani Nurul Izzah merupakan teman kuliah Amar, S-1 di Universitas Hasanuddin, Makassar.

Rona bahagia seketika menyelimuti keluarga besar Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

Prosesi adat jelang pernikahan pun dilaksanakan oleh kedua calon pengantin. Andi Amar misalnya, pada Rabu (21/2/2024) malam menggelar pengajian sekaligus khatam Al Quran di kediamannya.

Kemudian pada Kamis (22/2/2024) malam, keluarga Andi Amran Sulaiman menggelar acara Mappacci, upacara adat jelang lepas masa lajang warisan luhur suku Bugis.

Upacara Mappacci atau Mappaccing berasal dari kata “Paccing” yang berarti bersih, yang bertujuan untuk membersihkan diri dari semua hal yang dapat menghambat pernikahan.

Sebelumnya pada Minggu 3 September 2023 lalu, Andi Amran Sulaiman menggelar prosesi lamaran atau mappettuada anak sulungnya, Andi Amar Ma'ruf Sulaiman di Hotel Claro Makassar.

Keluarga Amran menyiapkan uang panai senilai Rp 10 miliar yang meliputi 2 kilogram logam mulia, berlian, satu unit mobil Alphard, mahar alat salat 88 real dan uang belanja Rp 2 miliar.

Andi Amar berlatar belakang pengusaha dan politisi. Ia baru saja selesai mengikuti kontestasi politik Pemilihan Legislatif 2024. Amar adalah Caleg DPR RI Partai Gerindra dari Dapil Sulsel II.

Tak hanya sukses di bidang bisnis, CEO AAS Community itu juga terdepan dalam berpolitik meski usianya masih terbilang muda dan statusnya sebagai pendatang baru.

Perolehan suara sementara Amar versi real count KPU tertinggi di Dapil Sulsel II. Saat ini suara Amar tembus 114.818 mengalahkan perolehan suara para tokoh senior, petana DPR RI, bahkan ketua-ketua partai politik sekalipun.

Di luar dari itu, ia punya segudang prestasi baik dari akademis maupun di organisasi.

Andi Amar adalah lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin dan Pondok Modern Darussalam Gontor.

Di usianya yang baru 25 tahun, keponakan Mantan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman ini telah diberi kepercayaan memimpin sejumlah perusahaan di bawah bendera Tiran Group, yang didirikan ayahnya.

Antara lain sebagai Owner Syirkah Studio, Komisaris PT AAS Mineral Mandiri, Direktur PT Penambangan Nikel AASDIN.

Ia juga tercatat sebagai Presiden Direktur PT Andi Nurhadi Mandiri, Komisaris PT Sulawesi Sumatera Nusantara, Direktur PT Tiran Fero Nusantara.

Di organisasi, ia tercatat sebagai Bendahara I Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah Periode 2023 - 2027. Ia juga aktif di KNPI Sulsel sebagai Bendahara.

Sementara Enon, calon istri Andi Amar merupakan anak pertama dari lima bersaudara. Ayahnya, Harsono Muhammad pria asal Sidrap. Ibunya, Hj Raizah Azizah Ramli berasal dari Soppeng.

Di keluarganya, Enon dikenal sebagai anak penurut. Sangat hormat pada orang yang lebih tua, terlebih pada kedua orang tuanya.

Usai lulus dan menyandang gelar sarjana di Universitas Hasanuddin, aktivitas Enon banyak membantu usaha kedua orang tuanya yakni usaha jual beli mobil.

Amar dan Enon menurut orang terdekatnya sudah saling kenal saat di kampus, namun tidak menjalin hubungan pacaran.

Allah SWT berfirman yang artinya:

"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal." (QS Al-Hujurat: 13). (fjr/pp)

  • Bagikan