Banjir Bandang Terjang Makale, Ratusan Rumah Terendam, 1 Mobil Hanyut

  • Bagikan
Nampak banjir yang melanda Kota Makale. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKALE-- Bencana alam melanda Makale, Tana Toraja. Banjir bandang yang menerjang, membuat Kota Makale tergenang. Ratusan rumah terendam dan tercatat satu mobil hanyut dibawa air. Kejadian ini menimpa daerah wisata terebut, Minggu, 25 Februari 2024.

Terlihat, mobil terparkir di Jalan Tandung terbawa banjir hingga Jalan Starda, lalu masuk ke sungai dan terbawa arus. Belum diketahui apakah ada orang di dalam mobil tersebut.

Banjir terjadi akibat hujan deras yang mengguyur sejak Minggu, 25 Februari 2024 sore.

Malam ini, Kota Makale dan sebagian besar wilayah Tana Toraja masih hujan. Berdasarkan pantauan wartawan, air sungai belakang Pasar Sentral Makale telah meluap ke jalan. Belasan kendaraan terjebak di lokasi banjir.

Para pengendara berusaha mencari jalan alternatif dari jalan tersebut.

"Iya terjadi banjir bandang di wilayah Makale. Ada ratusan rumah warga tergenang," kata Kabid Kedaruratan BPBD Tana Toraja, Destina, Minggu, 25 Februari 2024.

Destina mengungkapkan banjir terjadi di Kecamatan Makale, Tana Toraja sekitar pukul 20.00 Wita, Minggu, 25 Februari 2024. Banjir ini terjadi karena intensitas curah hujan tinggi membuat air bah sungai Porrok Tedong memasuki pemukiman warga.

Menurutnya, air sungai yang meluap ke pemukiman warga itu merendam sekitar 200 rumah warga. Ketinggian air kata dia, hingga 1 meter.

''Kita belum data semua. Sementara ada 200 rumah tergenang. Ketinggian air sampai 1 meter," bebernya kepada wartawan.

Destina menambahkan, BPBD Tana Toraja dan Basarnas saat ini masih berjibaku untuk melakukan evakuasi warga. Pasalnya, melihat intensitas hujan yang masih tinggi arus sungai diprediksi akan semakin tinggi.

"Warga harus segera dievakuasi, karena semakin tinggi air. Sementara BPBD sama Basarnas mengevakuasi warga pakai perahu," ujarnya. (ris/pp)

  • Bagikan