PKB Sulsel Cetak Rekor! Berpeluang Rebut Posisi Wakil Ketua di DPRD Sulsel, Kunci Kursi Pimpinan di 5 Daerah

  • Bagikan
Logo Partai PKB

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Luar biasa capaian Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sulawesi Selatan pada Pemilu 2024 yang digelar 14 Februari lalu.

Ia mencetak rekor. Jumlah perolehan suaranya meningkat begitu tajam. Peningkatan capain suara itu, tidak terlepas dari banyaknya kalangan dan tokoh bergabung dengan PKB Sulsel. Ini yang menguatkan posisi partai tersebut untuk menduduki posisi penting di DPRD Provinsi Sulsel dan dibeberapa DPRD kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

Berdasarkan rekapitulasi suara pemilu 2024 secara berjenjang di Sulsel, PKB berhasil meraih keuntungan yang signifikan. Bahkan, partai ini mencatat sejarah baru dengan mempertahankan 8 kursi dan berpotensi mendapatkan kursi pimpinan (Wakil Ketua) di DPRD Sulsel.

Menurut Sekretaris DPW PKB Sulsel, Muh Haekal, meskipun KPU belum secara resmi mengumumkan rekapitulasi di tingkat Provinsi, namun data internal PKB Sulsel menunjukkan bahwa partai tersebut berhasil meraih 8 kursi.

Meskipun jumlah kursi yang didapatkan pada 2024 sama dengan hasil Pemilu 2019, namun kali ini merupakan pencapaian yang signifikan karena PKB berpotensi untuk menduduki kursi pimpinan (Wakil Ketua) di DPRD Sulsel.

"Alhamdulillah, PKB mendapatkan 8 kursi di DPRD Sulsel hasil pemilu 2024. Ada potensi untuk mendapatkan kursi pimpinan," ungkapnya pada Kamis, 7 Maret 2024, sambil memperlihatkan data internal PKB kepada awak media.

Adapun perolehan kursi PKB di 8 Dapil di Sulsel adalah sebagai berikut:

Dapil I Makassar A: PKB mendapat 1 kursi.
Dapil II Makassar B: PKB mendapat 1 kursi.
Dapil III Gowa-Takalar: PKB mendapat 1 kursi.
Dapil IV Jeneponto, Bantaeng dan Selayar: PKB mendapat 1 kursi.
Dapil V Sinjai-Bulukumba: PKB mendapat 1 kursi.
Dapil VI Maros, Pangkep, Barru, dan Parepare: PKB mendapat 1 kursi.
Dapil VIII Soppeng dan Wajo: PKB mendapat 1 kursi.
Dapil XI Luwu Raya: PKB mendapat 1 kursi.

"Jadi total 8 kursi tersebar di dapil Sulsel I, II, III, IV, V, VI, VIII, dan XI. Masing-masing dapil, PKB mendapatkan 1 kursi. Secara keseluruhan, PKB memiliki 8 kursi di DPRD Provinsi dengan potensi mendapatkan pimpinan (Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulsel)," jelasnya.

Selain itu, di 24 daerah di Sulsel, PKB berhasil mendapatkan kursi pimpinan DPRD di 5 Kabupaten/Kota, yaitu:

Kabupaten Takalar: PKB mendapatkan kursi Pimpinan (Ketua DPRD).
Kabupaten Bone: PKB mendapatkan jatah pimpinan (Wakil Ketua).
Kabupaten Bulukumba: PKB mendapatkan kursi (Wakil Ketua).
Kabupaten Jeneponto: PKB mendapatkan kursi (Wakil Ketua).
Kabupaten Wajo: PKB mendapatkan kursi (Wakil Ketua).
Dengan perolehan kursi di 5 daerah tersebut, PKB meraih 7 kursi di DPRD Kabupaten Bone, 6 kursi di Kabupaten Bulukumba, Jeneponto, dan Wajo, serta 5 kursi di Kabupaten Takalar. Di Kota Makassar, PKB mendapatkan 5 kursi namun tidak mendapatkan kursi pimpinan.

"Selain di tingkat Provinsi, PKB juga mendapatkan kursi pimpinan di 5 daerah. Di Takalar (Ketua DPRD), Bulukumba, Jeneponto, Wajo (Wakil Ketua), dan Bone (Wakil Ketua)," tandasnya. (rs/pp)

  • Bagikan