Selamat! Prodi Perbankan Syariah IAIN Palopo Raih Akreditasi Unggul

  • Bagikan
Rektor IAIN Palopo, Dr Abbas Langaji, M.Ag
  • Rektor: Alhamdulillah, Ini Semua Kerja Seluruh Pihak, sebagai Kado Milad ke-56 untuk Almamater

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Setelah melakukan asesmen lapangan beberapa waktu lalu, Alhamdulillah! Program Studi (Prodi) Perbankan Syariah (PBS) IAIN Palopo berhasil meraih Akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) RI, Selasa 18 Maret 2024.


Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) LAMEMBA dengan Nomor: 1102/DE/AR.10/III/ 2024. Tentang peringkat akreditasi Prodi Perbankan Syariah yang ditandangani langsung Ketua Dewan Eksekutif LAMEMBA, Prof Dr Ina Primiana, SE, MT.


Dimana menetapkan Peringkat Akreditasi Prodi Perbankan Syariah pada Program Sarjana IAIN Palopo, Kota Palopo adalah Unggul. Kemudian peringkat Akreditasi ini berlaku hingga 15 Maret 2029 mendatang.
Disampaikan pula, setelah menerima SK Akreditasi Unggul selanjutnya peringkat Akreditasi akan diunggah ke PDDIKTI melalui situs BAN-PT dalam beberapa hari setelah surat diterima.


Sementara itu, Rektor IAIN Palopo, Dr Abbas Langaji, M.Ag yang saat ini berada di Mekkah, Arab Saudi saat dihubungi via Whatsapp, usai melaksanakan Salat Ashar, menyampaikan, pihaknya sangat bersyukur atas capaian yang diraih Prodi PBS IAIN Palopo.


"Alhamdulillah, segala puji hanya kepada Allah SWT, pertama-tama saya mengucapkan terima kasih banyak atas atensi dan support sebesar-besarnya dari Bapak Menteri Agama RI yang akrab disapa Gusmen, Dirjen Pendis, dan Direktur Diktis sehingga saya bisa memimpin, bekerja meningkatkan marwah PTKIN," sebutnya.


Selanjutnya, pihaknya juga tidak bisa menyembunyikan keharuan yang luar biasa terhadap tim kerja akreditasi yang luar biasa. Ini merupakan salah satu bentuk berkah Ramadan bagi keluarga Besar IAIN Palopo.


Secara khusus kata dia, Akreditasi Unggul salah satu Prodi ini merupakan kado ulang tahun IAIN Palopo yang ke-56, yang akan jatuh pada tanggal 27 Maret 2024 nanti.


Bila Akreditasi Unggul Prodi PBS ini disebut prestasi maka sesungguhnya dia adalah prestasi teman-teman di FEBI yang bekerja all out. Prestasi ini tidak bisa dipisahkan dari rangkaian sejarah yang sudah berproses jauh sebelum kepemimpinannya.


Karenanya selaku Rektor beserta segenap Pimpinan IAIN Palopo, menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada rektor sebelumnya, Prof Abdullah Pirol. Dimana telah meletakkan dasar pengembangan FEBI dan Prodi-prodi di dalamnya, termasuk Prodi Perbankan Syariah.


Juga terkhusus mantan Dekan FEBI, Almarhumah Dr Hj Ramlah MM yang selama 7 tahun memimpin FEBI dengan sentuhan yang sangat apik, serta Bapak Dr Takdir Ishak yang melanjutkan sisa masa kepemimpinan Dr Hj Ramlah selama beberapa bulan.


"Mereka semua telah membina dan mempersiapkan PBS menuju prestasi yang nyata hari ini," ungkap Ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kota Palopo ini.


Ditambahkannya, dirinya juga wajib menyampaikan terima kasih kepada Bapak Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Ibu Dekan FEBI, Kepala LPM, dan Tim Akreditasi FEBI.


Terima kasih juga ia sampaikan kepada Dr Ahmad Syarief Iskandar atas atensinya mendampingi tim kerja di FEBI sejak penyusunan borang akreditasi. Termasuk simulasi hingga momen asesmen lapangan.


"Semoga dengan capaian prestasi ini menjadi pemicu bagi prodi-prodi yang lain untuk segera berbenah diri demi meningkatkan marwah IAIN Palopo sebagai salah satu PTKIN," tandas alumni 1998 STAIN/IAIN Palopo yang juga saat ini menjabat Ketua Umum IKA IAIN Palopo.(hms/idr)

  • Bagikan