Universitas Mega Buana Palopo Perguruan Tinggi Pertama Penyelenggara Fakultas Kedokteran di Luar Kota Makassar

  • Bagikan

Tampak gedung Fakultas Kedokteran UMB Palopo yang terletak di jalan Opu To Sappaile Palopo. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Kehadiran Fakultas Kedokteran yang diselenggarakan oleh Universitas Mega Buana Palopo berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan, kebudayaan Riset dan Teknologi RI NOMOR : 221/E/O/2024 menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat di Tana Luwu.

Selain sebagai pelopor pembukaan Fakultas Kedokteran dengan program Studi S1 Kedokteran dan Profesi Dokter di Tana Luwu ini, Fasilitas yag dimiliki juga terbilang lengkap, dimana laboratorium yang dimiliki menggunakan tekhnologi terkini, demikian juga fasilitas lainnya seperti ruang perkuliahan yang nyaman yang menempati gedung 6 lantai, serta SDM yang kompeten dibawah binaan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar. Selain itu biaya kuliah yang disebut sebut relatif terjangkau untuk sekelas Pendidikan Kedokteran. Dimana saat ini telah dibuka penerimaan mahasiswa baru untuk Batch 1 mulai tanggal 12 Maret hingga 3 Mei 2024 dan Batch 2 mulai 3 Mei hingga 6 Juli 2024

Tentu dengan hadirnya Fakultas Kedokteran UMB Palopo di Kota Palopo ini tidak hanya memfasilitasi masyarakat di Tana Luwu dan Sulawesi Selatan, bahkan diluar pulau sulawesi untuk mewujudkan mimpinya menjadi seorang dokter, namun menguatkan Tana Luwu utamanya Kota Palopo sebagai pusat pendidikan di jazirah utara Sulawesi Selatan. Salah satunya yang disebutkan Pj Gubernur Sulsel, Dr. Bahtiar Baharuddin yang disampaikan melalui Kadis Kesehatan Provinsi, mengatakan bahwa UMB Palopo sangat luar biasa bisa mendapatkan SK tersebut.

"Pencapaian UMB Palopo Ini Merupakan Pencapaian Luar Biasa, dan kami mendukung sepenuhnya pengembangan perguruan tinggi yang tidak hanya terkonsentrasi di ibukota provinsi, tapi menyebar di seluruh pelosok Sulsel, Karna Itu Saya Menghimbau Kepada Masyarakat Sulawesi Selatan Khususnya Yang Ingin Melanjutkan Pendidikan Kedokteran, Program Sarjana Kedokteran bisa masuk dan melanjutkan pendidikan di Universitas Mega Buana Palopo," Kata Dr. Bachtiar melalui sambutan yang dibacakaan Kadinkes Sulsel, Dr.dr. Ishaq Islandar. Disebutkan, hadirnya Fakultas Kedokteran Di Kota Palopo ini, Tentu Akan Membawa Kebaikan Dan Menjadi Tempat Pendidikan Bagi Masyarakat Kita.

Memang, Dalam perjalanannya, bukan hal mudah bagi UMB Palopo mendapatkan izin penyelenggaraan. Perencanaan Pendirian Fakultas Kedokteran Bersamaan Dengan Awal berdirinya Rumah Sakit pada 7 November 2016, lalu ini baru terwujud pada 28 Februari 2024.

Direktur Kelembagaan Dikti Kemendikbud Ristek, Dr. Lukman, S.T., M.Hum disela-sela kegiatan penyerahan SK juga sempat memberikan apresiasi terhadap pembukaan Fakultas Kedokteran dengan dua program studi yakni S1 Kedokteran dan Profesi Dokter.

Fasilitas dan laboratorium yang lengkap menjadi salah satu alasan Universitas Mega Buana Palopo mendapatkan izin lebih cepat. Menurut Dr. Lukman, S.T., M.Hum kepada media disela sela kegiatan penyerahan Surat Keputusan Sk Menteri Pendidikan, kebudayaan Riset dan Teknologi RI Nomor : 221/E/O/2024 memnyampaikan bahwa UMB Palopo telah memenuhi semua ketentuan, sehingga SK Pembukaan Program Studi Kedokteran lebih cepat dikantongi.

Diungkapkan dalam proses pembukaan ini terdapat 55 Perguruan Tinggi yang mengusul, namun hanya 25 yang diterima termasuk UMB Palopo. "Saat ini pembukaan Fakultas Kedokteran sangat sangat langka, karna ada 26 item yang dibutuhkan misalnya spesialis biomed untuk anatomi, forensik itu sangat sulit sekali, namun Universitas Mega Buana memenuhi semua ketentuan itu sehingga kami bisa memberikan izin untuk pembukaan,"ungkap Dr. Lukman, S.T, M.Hum. usai melakukan penyerahan SK.

Bahkan disebut-sebut, Laboratorium Fakultas Kedokteran UMB Palopo terlengkap dengan tekhnologi terkini. Atas hal itu juga Direktur Kelembagaan memberikan apresiasi kepada UMB Palopo dimana kampus yang berdiri tahun 2009 ini bisa masuk bersama puluhan kampus lain untuk berjuang mendapatkan Program Studi Kedokteran ini. Diungkapkan bahwa pembukaan Fakultas Kedokteran ini bukan hal mudah, sebab dibutuhkan komitmen serta anggaran yang lebih untuk pembukaannya.

Sementara itu Rektor UMB Palopo, Prof. Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes menyampaikan dengan diterimanya SK ini, akan semakin memotivasi UMB Palopo untuk menghasilkan SDM Dokter yang Bermutu dan berkualitas dan tentu dengan akhlak yang baik. "Ini akan semakin memotivasi kami pengelola untuk berbuat yang terbaik dalam menghasilakan SDM yang berkualitas khususnya di bidang kedokteran ini,"jelas Rektor UMB Palopo. Disamping itu semakin memudahkan wija to luwu untuk menempuh pendidikan kedokteran sehingga tak perlu lagi jauh keluar daerah.(*/pp)

FAKTA FAKULTAS KEDOKTERAN UMB PALOPO

FASILITAS :
= Lab Anatomi
= Lab. Histologi
= Lab. Patologi Anatomi
= Lab. Biokimia
= Lab. Patologi Klinik
= Lab. Fisiologi
= Lab. Farmakologi
= Lab. Mikrobiologi
= Lab. Parasitologi
= Clinical Skills Laboratorium
= Lab. OSCE
= Lab. CBT
= Perpustakaan
= Rumah Sakit

KEUNGGULAN
= Akreditasi Institusi Baik Sekali Dari BAN-PT
= Memiliki Rumah Sakit Sendiri
= Laboratorium Milik Sendiri Terlengkap Dengan Teknologi Terkini
= Memiliki CBT (Computer Based Test) Centre
= Perpustakaan Fakultas Kedokteran

PERJALANAN PEMBUKAAN FAKULTAS KEDOKTERAN

  • Perencanaan Pendirian Fakultas Kedokteran Bersamaan Dengan Awal berdirinya Rumah Sakit (7 November 2016).
  • Proses Pengajuan izin penyelenggaraan, dimulai Pengajuan ke Kemenkes (24 agustus 2023),
  • Divisitasi oleh Kemenkes (2 September 2023),
  • Mendapatkan Rekomendasi (12 September 2023)
  • visitasi gabungan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan,Riset dan Teknologi (12 Desember 2023
  • Terbit Izin Penyelenggaraan Program Studi Kedokteran (28 Februari 2024). (*/pp)
  • Bagikan