UMB Palopo Teken MoU dengan SMA se-Kota Palopo

  • Bagikan

Prof Dr Hj Nilawati Uly S.Si Apt M.Kes CIPA bersama dengan Kepala Sekolah SMA/Sederajat se-Kota Palopo pada acara buka bersama yang berlangsung, Sabtu 23 Maret 2024 di Kampus 2 UMB Palopo, Gedung Fakultas Kedokteran. --hms umb palopo--

Siapkan Beasiswa Bagi Wija to Luwu Kuliah Kedokteran di UMB Palopo Sampai Selesai

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Universitas Mega Buana (UMB) Palopo melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan SMA se-Kota Palopo dalam kegiatan buka bersama Universitas Mega Buana (UMB) Palopo yang berlangsung meriah di Kampus 2 UMB Palopo, Gedung Fakultas Kedokteran, Sabtu 23 Maret 2024.

MoU ini terkait pelaksanaan Tri Darma Pendidikan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Seremonial ini dilaksanakan sebagai bagian daripada komitmen Universitas Mega Buana Palopo dalam mewujudkan Tri Darma Pendidikan tinggi tersebut di lingkungan SMA melalui Fakultas Kedokteran UMB Palopo dengan dua program studi yakni S1 Kedokteran dan Profesi Dokter serta 4 Fakultas dan 11 Program Studi lainnya yakni Program Magister S2 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan, dengan Program Studi S1 Kebidanan, Profesi Bidan, S1 Keperawatan, Profesi Ners. S1 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Hukum dengan Program Studi S1 Ilmu Hukum, Fakultas Bisnis dengan Program Studi S1 Perdagangan Internasional, S1 Kewirausahaan, serta Fakultas Ilmu Komputer dengan Program Studi S1 Informatika dan S1 Kewirausahaan.

Disebutkan Rektor Universitas Mega Buana Palopo, Prof Dr Hj Nilawati Uly S.Si Apt M.Kes CIPA pada kesempatan itu, MoU pada kali ini secara simbolis dilakukan di Kota Palopo yang ditargetkan akan dilakukan di semua SMA yang ada di Tana Luwu untuk perwujudan Tri Darma Pendidikan Tinggi tersebut.

Para Kepsek di acara Buka Puasa Bersama UMB Palopo. --hms umb--

"Penandatanganan MoU ini merupakan yang kesekian kalinya dilalukan. Alhamdulillah kembali terlaksana dengan sejumlah SMA di Kota Palopo tentunya untuk peningkatan kualitas pendidikan di Kota Palopo dan wilayah Luwu Raya," jelasnya.

Diketahui penandatanganan MoU ini adalah bagian daripada rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan Buka Bersama dalam rangka Syukuran Pembukaan Fakultas Kedokteran UMB Palopo.

Banyak rangkaian kegiatan lainnya diantaranya Live Streaming Talk Show Podcast Lebih Dekat Fakultas Kedokteran UMB Palopo, Pemberian Tips masuk Fakultas Kedokteran, Penandatanganan MoU dengan sejumlah kepala sekolah se-Kota Palopo, pemberian bantuan rumah ibadah, panti asuhan, dan sebagainya.

Pada kegiatan ini yang dihadiri kurang lebih 1000 undangan ini, Prof Nilawati Uly juga menyampaikan program beasiswa yang khusus bagi Wija to Luwu yaitu fasilitas beasiswa kuliah kedokteran sampai selesai yang diberikan oleh Yayasan Pendidikan Mega Buana Palopo bagi penghafal Al'Quran.

"Yayasan Pendidikan Mega Buana Palopo telah menyiapkan beasiswa kepada Wija to Luwu khususnya para Tahfiz Qur'an atau penghafal Al-Qur'an untuk menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran UMB Palopo sampai selesai," ujarnya disambut aplaus.

Prof Nilawati menuturkan sejumlah alasan beasiswa yang dinilai spesial tersebut diberikan, menurutnya, ini sebagai bentuk Pengabdian dan kepedulian Yayasan Pendidikan Mega Buana terhadap pendidikan dan kesehatan khususnya di Kota Palopo. "Karena, kami berharap dari Wija to Luwu ini banyak yang menjadi dokter yang saat ini sangat dibutuhkan. "Insya Allah Yayasan Pendidikan Mega Buana Palopo akan memberikan beasiswa setiap tahunnya khusus untuk Wija To Luwu penghafal Al Quran," katanya.

Fakultas Kedokteran Pertama di luar Kota Makassar ini telah diperkenalkan secara luas oleh pihak UMB.

Pada Sabtu kemarin, 23 Maret 2024, dan dikenalkan secara lebih dekat dengan pemangku kepentingan melalui acara buka bersama dalam rangka Syukuran Pembukaan Fakultas tersebut di Kampus 2, Gedung Fakultas Kedokteran UMB Palopo.

Hadir Kedatuan Luwu, Pemerintah Kota Palopo, hadir, Sekkot Palopo, Drs Firmanza, Forkopimda di antaranya yakni Kapolres Palopo, AKBP Safi'i Nafsikin, SH., SIK., MH serta Ketua Pengadilan Agama Kota Palopo, Tommi, S.H.I, Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, Dr Andi Lukman, M.Si, Ketua Yayasan Pendidikan Mega Buana Palopo, H Rahim Munir Said, SP, MM, Kepala UPT Dinas Pendidikan Cabang Palopo, Kepala Sekolah se-Kota Palopo, Pimpinan Perbankan diantaranya BNI Cabang Palopo, BRI Cabang Palopo, Ketua IDI, Ketua PDGI, Ketua IBI, PPNI, Persakmi, Direktur Rumah Sakit Sawerigading, Direktur RS. Mega Buana Palopo, sejumlah dosen Fakultas Kedokteran UMB Palopo, para siswa peminat Fakultas Kedokteran se-Kota Palopo, dan civitas akademika UMB Palopo.

Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, Dr Andi Lukman, dalam kesempatan tersebut mengapresiasi bahkan memuji kiprah UMB Palopo.

"UMB Palopo ini adalah salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di wilayah Sulawesi, tentunya dengan diberikannya izin operasional Fakultas Kedokteran ini hal yang wajar, karena memang fasilitasnya sangat lengkap, utamanya laboratoriumnya," katanya.

Bahkan ia menyebutkan UMB Palopo adalah merupakan perguruan tinggi kebanggaan di Luwu Raya, "kini warga Palopo dan Luwu Raya tidak perlu jauh-jauh lagi kuliah ke luar daerah karena di Palopo sudah ada perguruan tinggi yang memiliki Fakultas Kedokteran dan sarana prasarana pembelajaran maupun sarana laboratorium terlengkap,"jelasnya

Senada dengan itu Sekretaris Kota Palopo, Drs Firmanza juga dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada UMB Palopo yang lebih cepat dan menjadi yang pertama hadir di luar Kota Makassar, di jazirah utara Sulawesi Selatan, menghadirkan Fakultas Kedokteran. Adanya hal itu akan banyak peminat kedokteran dari luar daerah yang akan masuk nantinya. Tentu dengan adanya hal itu juga semakin mempertegas Kota Palopo sebagai kota tujuan pendidikan, "Pemerintah Kota Palopo sangat mengapresiasi pembukaan fakultas kedokteran UMB Palopo ini, tentunya pemerinta akan senantiasa mendukung pelaksanaan pendidikan di UMB Palopo," jelasnya.(*/rls/pp)

  • Bagikan