Tak Lolos SNBP, Ini Jadwal Pendaftaran UTBK SNBT 2024

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Bagi siswa yang tidak lolos masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024, jangan berkecil hati. Karena, masih ada dua jalur untuk mendaftar menjadi mahasiswa. Keduanya adalah lewat UTBK- Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan jalur Mandiri.

Jadwal pendaftaran UTBK-SNBT 2024 penting untuk disimak untuk calon mahasiswa yang ingin mencoba peruntungan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Jadwal Pendaftaran UTBK SNBT 2024

Pendaftaran UTBK SNBT 2024 dilakukan secara daring melalui Portal SNPMB di laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/

Jadwalnya yakni sebagai berikut: Pendaftaran UTBK-SNBT: 26 Maret pukul 15.00 WIB - 5 April 2024 pukul 15.00 WIB.

Link Cara Cek Pengumuman SNBP 2024

Informasi lengkap seputar SNPMB Tahun 2024 dapat diakses langsung melalui laman https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dan media sosial @_snpmbbppp

Siswa yang beruntung lolos SNBP 2024, maka silakan mendaftar ulang.

Jika tidak lolos SNBP 2024 atau kurang beruntung, bisa mengikuti jalur yang kedua yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024 yang pendaftarannya sudah dibuka pada 21 Maret hingga 5 April 2024.

“Bagi yang kurang beruntung, ini jalur kedua kita ya SNBT. Saya rasa orang tua, guru siswa, sangat terbiasa dengan SNBT ini. Bagi yang ingin mendaftar, seleksi tulis berbasis komputer,” kata Wakil Ketua I Tim Penanggung Jawab SNPMB 2024, Prof. Rina Indiastuti dikutip secara virtual di YouTube SNPMB.

Prof Rina mendorong para siswa yang lolos SNBP 2024, untuk segera mendaftar ulang.

“Banyak siswa yang belum beruntung tahun lalu, juga ingin masuk PTN. Sehingga yang segmen dari SNBP ini kan khusus eligible yang diseleksi sekolah,” tuturnya.

Jalur Masuk SNPMB 2024

Dikutip dari laman resmi Universitas Padjadjaran Unpad, ada 3 jalur masuk SNPMB 2024.

  1. Jalur SNBP

Jalur SNBP merupakan salah satu jalur seleksi masuk.

Secara umum seleksi pada SNBP didasarkan atas nilai rapor dan prestasi lainnya yang ditetapkan oleh masing-masing PTN. Formula penilaian dari SNBP ini mutlak ada di masing-masing PTN.

Siswa yang berhak mendaftar SNBP adalah 40 persen terbaik dari sekolah terakreditasi A, 25 persen terbaik dari sekolah terakreditasi B, dan lima persen terbaik dari sekolah terakreditasi C.

  1. Jalur SNBT

Sementara pada jalur SNBT, murni berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK.

Kuota minimum untuk jalur SNBT adalah 40 persen.

Pada UTBK, ada tiga materi yang diujikan, yaitu tes potensi skolastik (TPS) yang mengukur kemampuan kognitif peserta, literasi dalam bahasa Inggris dan Indonesia, serta penalaran matematika.

Contoh soal UTBK dapat dilihat pada laman https://simulasi-tes.bppp.kemdikbud.go.id/. Peserta bisa memilih maksimal empat program studi pada SNBT.

Empat prodi tersebut terdiri dari dua pilihan prodi Sarjana akademik dan dua pilihan prodi Sarjana Terapan (Vokasi).

Pendaftaran UTBK dibuka pada 21 Maret – 5 April 2024. Pelaksanaan UTBK digelar dalam dua gelombang. Gelombang I akan digelar pada 30 April hingga 7 Mei 2024, sedangkan gelombang II digelar pada 14 – 20 Mei 2024.

Di Unpad, nilai UTBK juga menjadi syarat penilaian untuk seleksi di Jalur Mandiri.

  1. Jalur Mandiri

Jalur mandiri, disesuaikan dengan kebijakan dan ketentuan masing-masing PTN. (dis/pp)

  • Bagikan