Saat Berpuasa, Perhatikan Makanan Ini Agar Kondisi Usus Sehat

  • Bagikan
Buka puasa. --ilustrasi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Supaya usus tetap sehat di saat berpuasa, maka perlu asupan gizi dan memilih makanan yang tepat.

Berpuasa, bikin kurang asupan gizi yang baik buat tubuh, efeknya bisa bikin kondisi lambung dan usus tidak sehat karena asupan gizi yang kurang baik, dan dampaknya pencernaan jadi kurang sehat.

Kesehatan usus tidak kalah penting dengan kesehatan bagian tubuh lainnya, mengingat akan ada banyak dampak negatif jika kamu tidak menjaga kesehatan usus. Mulai dari kembung, sakit perut, hingga sembelit bisa terjadi jika kamu tidak memperhatikan kesehatan usus.

Dilansir dari Reader’s Digest, Sabtu (16/4/2022), ini dia cara untuk menjaga kesehatan usus adalah dengan memilih makanan yang bermanfaaat bagi kesehatan usus.

Asparagus
“Asparagus mengandung serat prebiotik yang berfungsi sebagai bahan bakar untuk bakteri baik yang ada di saluran pencernaan,” kata Mike Roussell, PhD, salah satu pendiri Neuro Coffee.

“Prebiotik, yang ditemukan dalam makanan berserat tinggi lainnya, sangat berbeda dari probiotik, yang merupakan bakteri itu sendiri,” kata Roussell.

Probiotik membutuhkan makanan sehat yang bermanfaat untuk dimakan ketika berada di perut. Sedangkan prebiotik bertindak sebagai sumber makanan yang baik untuk bakteri di usus.

Bluberi
Buah atau sayuran yang kaya warna, seperti bluberi, delima, dan bit, adalah sumber yang kaya akan antosianin, yaitu sejenis antioksidan. Antosianin mengandung beberapa manfaat kesehatan tetapi mereka juga kurang diserap di saluran pencernaan.

“Ini berarti tubuh tidak mengonsumsi semua antosianin yang kamu makan, sehingga sisa antosianin tersebut bisa diserap oleh bakteri baik dalam usus,” kata Roussell.

Alpukat
Menurut seorang ahli usus dan praktisi obat fungsional, Inna Lukyanovsky, PharmD, buah alpukat yang lezat dan populer ini bermanfaat bagi bakteri yang ada di usus. Lukyanovsky mengatakan bahwa selain memiliki sifat penyembuhan, alpukat juga meningkatkan butirat, yaitu asam lemak yang sehat dalam sistem pencernaan, yang dapat membantu meredakan peradangan. Penelitian menunjukkan bahwa butirat sangat bermanfaat untuk kesehatan usus.

Bawang
Sama seperti asparagus, bawang merupakan sumber utama prebiotik. Daun bawang juga memiliki efek positif bagi kesehatan usus.
Bawang dicerna sangat lambat, dan serat yang tertinggal memberi bakteri di perut sesuatu untuk dimakan, sehingga bakteri tersebut dapat tumbuh dan berkembang biak.

Ubi manis
Kandungan serat yang tinggi dalam ubi manis atau ubi ungu dapat bermanfaat bagi probiotik yang ada di dalam perut. Ubi-ubian ini dapat dicerna dalam waktu yang lama di perut sehingga memberikan bakteri baik, yaitu probiotik di usus makanan untuk membantu mereka melawan bakteri jahat di usus. (fjr/pp)

  • Bagikan