Ketum PMTI Tanam 1.000 Pohon Enau, Jaga Ketersediaan Tuak

  • Bagikan

Ketum PMTI Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa bersama Wabup Frederik V. Palimbong, Sekjen PMTI Dating Palembangan, Kapolres Torut AKBP Eko Suroso dan pengurus pusat PMTI saat menanam pohon enau di Lembang Sereale, Jumat, 22 April 2022. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO-- Ketua Umum Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI), Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa, didampingi Sekjen PMTI Dating Palebangan dan Wabup Torut Frederik V. Palimbong melakukan penanaman 1.000 bibit pohon enau dan pohon bambu. Jumat, 22 April 2022.

Kegiatan tesebut masih dalam rangkaian kegiatan HUT PMTI ke- 18, yang dilakukan di dusun limbong kanan lembang sereale Kecamatan Tikala dan Lembang Tadongkon Kecamatan Kesu' .

Dalam sambutannya Ketum PMTI mengatakan Program PMTI ini banyak dimana ada 33 departemen,dan 33 departemen ini bergerak kesana kemari, Dan hari ini, mereka semangat sekali untuk membantu pemerintah daerah.

"Saat ini kita pulang kampung untuk bersama-sama membantu pemerintah daerah. Bahkan kalau pemda tidak mau, kami yang akan memimpin di depan. Kenapa, karena kami warga di sini (Toraja Utara). Kami mau pulang untuk membangun kampung halaman kita, karena nenek moyang kita ada di sini," katanya.

Lanjut Ketum PMTI, PMTI itu orang Toraja semua. Jangan ragukan kami. Karena, kami datang untuk membangun kampung halaman.

Mungkin kalau kita bisa berjalan bersama-sama pemerintah daerah, saya sangat senang. Tapi kalau tidak mau ya kita tinggalkan saja.Pemerintah daerah itukan hanya lima tahun. Tapi kita (PMTI) itu seumur-umur di sini. Di Tana Toraja ,Toraja Utara, dan Mamasa tidak ada PMTI.

"Hari ini kita berkumpul di sini. Sengaja membawa pohon enau ditanam untuk penghijauan dan tentu untuk menambah pendapatan daerah juga nantinya. Juga menambah oksigen. Itukan sangat sehat. Maka kita dianjurkan untuk melakukan penghijauan di seluruh Indonesia. Geografi kita ini cukup untuk melakukan penghijauan ini.Tetap semangat bersama Pemerintah daerah untuk membangun Toraja,'' kunci Ketum PMTI Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumba.

Sementara Wabup Torut Frederik V. Palimbong dalam sambutannya, mengatakan, dalam rangka penanaman bibit pohon enau, dimana ada dua lokasi. Yakni, Sereale dan di lembang Tadongkon Kecamatan Kesu'.

''Mudah-mudahan ini menjadi momen yang betul-betul bisa kita mamfaatkan tidak saja untuk penghijauan tapi juga untuk menggerakkan ekonomi di daerah ini,'' katanya.

"Pohon enau ini memang cocoknya di daerah batu. Sereale dan Tadongkon adalah produsen terbaik tuaknya. Atas nama pemerintah daerah, sekali lagi kami mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang sebesar-besarnya untuk semua yang telah dilakukan Ketua umum PMTI beserta segenap pengurus yang pada hari ulang tahun yang ke-18 mencanangkan pulang kampung," kata Dedy Palimbong sapaannya.

Sejak Senin, kalau dihitung-hitung perputaran duit di Tana Toraja dan Toraja Utara luar biasa. Berbagai kegiatan yang menyentuh UMKM dan tentunya membangkitkan ekonomi pasca pandemi covid 19.

Hadir Kapolres Torut AKBP..Eko Suroso, Kasdim Mayor. Inf. Oberan Tandirerung, Anggota DPRD Tator Kristian Lambe, Camat Tikala ,Camat Kesu' Kalem Sereale,Ketua Panitia PMTI Merda Mangayun ,Waket Belo, Sekertaris Briken, Ardi Limba, Yaya Rundupadang dan para pengurus pusat PMTI .(albert)

  • Bagikan