Demokrat, Nasdem, dan PKS Berpeluang Koalisi di Pilwalkot Palopo

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Sejumlah partai politik (Parpol) utamanya di tingkat pusat saat ini mulai menjajaki koalisi untuk Pemilihan Presiden/Wakil Presiden 2024 mendatang. Partai Demokrat, Nasdem dan PKS tengah melakukan koalisi untuk mengusung Calon Presiden(Capres)/Calon Wakil Presiden (Cawapres).

Lalu bagaimana dengan di tingkat daerah? Kendati demikian koalisi yang terbangun di pusat juga berpotensi mengikuti koalisi ini untuk mengusung Calon Kepala Daerah utamanya di tingkat Kabupaten/Kota seperti, Calon Bupati/Calon Wakil Bupati, serta Calon Wali Kota/Calon Wakil Wali Kota (Cawalkot).

Sementara, untuk Kota Palopo, partai Demokrat Palopo tidak menampik adanya kemungkinan membangun koalisi seperti halnya di tingkat pusat untuk menghdapi Pilwakot Palopo 2024. Jika melihat perolehan kursi Pemilu 2019 khususnya di Kota Palopo dengan keberadaan partai Demokrat 3 kursi, Nasdem 3 kursi dan PKS 1 kursi maka sudah sangat memenuhi syarat mengusung pasangan calon (Paslon) Wali Kota dengan syarat minimal 5 kursi meskipun tolak ukur pengusungan Paslon melihat hasil Pemilu 2024 mendatang.

Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) DPC Demokrat Palopo, Bata Manurun mengatakan adanya koalisi Demokrat, Nasdem dan PKS di pusat untuk mengusung Capres 2024. Bahkan Demokrat tetap berkomitmen untuk mengusung ketua umum mereka Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengambil bagian di Pilpres. "Kalau melihat koalisi ini tidak menutup kemungkinan juga bisa terjadi di daerah termasuk Kota Palopo. Namun bisa juga tidak, tergantung dari situasi yang ada," katanya, Rabu 15 Juni 2022.

Terkait Pilwalkot Palopo, partai Demokrat Palopo juga bersitegas akan mengusung kader-kader yang dinilai potensial untuk bertarung di Pilwalkot Palopo. Bahkan, partai siap menjajaki koalisi dengan parpol lainnya. "Bagi Demokrat Palopo juga siap mengambil bagian di Pilwalkot Palopo. Kami terbuka untuk berkoalisi dengan parpol lainnya," katanya.

Untuk memujudkan itu, sambung dia, partai Demokrat Palopo semaksimal mungkin mampu mempertahankan perolehan kursi di parlemen hasil Pemilu 2019. "Tiga kursi di parlemen saat ini bagi kami sudah luar biasa. Jika ini mampu dipertahankan pada Pemilu 2024 maka peluang kami untuk mengusung pasangan calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Palopo sangat besar. "Tentu kita juga memperhatikan hasil perolehan kursi di Pemilu mendatang sebagai tolak ukur mengusung pasangan calon. Dan ini adalah target kita," tandasnya. (rul/idr)

  • Bagikan