Liburan Keliling Indonesia: Begini Cara Pesan Tiket Pesawat Citilink di Traveloka

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,JAKARTA-- InginI liburan? Tentu boleh, setelah pandemi COVID-19 usai, penerbangan dan perbatasan negara kembali dibuka untuk semua wisatawan terutama dari Indonesia. Eksplor Indonesia, Asia, hingga Australia dapat Anda lakukan sekarang. Selain itu, dari destinasi tersebut terdapat maskapai Indonesia yang siap membawa Anda langsung yaitu maskapai Citilink.

Citilink merupakan maskapai oleh PT Citilink Indonesia yang menjadi salah satu anak perusahaan Garuda Indonesia. Perusahaan yang didirikan sejak tahun 2001 ini telah memiliki lebih dari 60 armada siap terbang. Tanpa perlu berlama-lama, kami akan memberitahu bagaimana cara pesan citilink via Traveloka untuk liburan Anda.

Cara Pesan Citilink via Traveloka

Setelah menentukan destinasi mana saja yang akan Anda kunjungi, maka pemesanan tiket perlu segera dilakukan. Untuk memesan tiket Citilink di Traveloka, mohon ikuti Langkah berikut ini:

1.    Mengunduh aplikasi Traveloka

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi Traveloka. Pemesanan juga dapat dilakukan langsung melalui website, namun dengan aplikasi akan memudahkan Anda melacak dan menerima berbagai informasi lainnya kapan saja.

2.    Mengisi detail penerbangan

Setelah aplikasi telah terunduh, kunjungi halaman tiket pesawat pada website dan Traveloka App. Anda akan diarahkan untuk mengisi detail penerbangan seperti kota asal, kota tujuan, tanggal keberangkatan, tanggal kepulangan, jumlah penumpang, dan kelas penerbangan.

Anda juga dapat memesan tiket multi-kota dimana Anda dapat memesan dua tiket dengan kota tujuan, tanggal keberangkatan, kota asal yang berbeda dalam satu kali transaksi.

3.    Memilih penerbangan dan mengisi data diri

Anda lalu akan diarahkan pada laman informasi penerbangan lengkap dengan maskapai, durasi penerbangan, dan jadwal keberangkatan. Anda dapat memesan Citilink yang tersedia dengan harga yang berbeda sesuai tujuan Anda.

Setelah itu, Anda hanya perlu mengisi data diri dan data penumpang yang berangkat bersama Anda. Anda juga akan mendapatkan asuransi perjalanan yang dapat Anda pilih dalam proses transaksi ini.

4.    Melakukan pembayaran

Kemudian, Anda akan diarahkan pada laman untuk melakukan pembayaran. Pembayaran untuk tiket pesawat Citilink dapat Anda lakukan dengan banyak metode yaitu melalui transfer bank, kartu kredit, dan indomaret. Untuk transfer bank dapat dilakukan melalui ATM, teller bank, menggunakan sms banking, e-banking, ataupun m-banking.

5.    Menerima E-tiket

Setelah pembayaran Anda terkonfirmasi dan berhasil, dalam waktu kurang dari 60 menit Anda akan menerima informasi E-tiket melalui email. E-tiket tersebut yang kemudian akan digunakan pada proses check-in.

Anda hanya perlu menunjukkan e-tiket tersebut pada counter check-in Citilink atau pada saat melakukan check-in mandi di Bandara ataupun melalui website resmi Citilink. Apabila dalam 60 menit Anda belum menerima informasi E-tiket, maka segera hubungi customer service Traveloka ataupun Citilink.

Setelah mendapatkan e-tiket, bersiap pergi dan pastikan tidak ada barang yang tertinggal. Namun, Anda perlu memperhatikan kebijakan yang diterapkan oleh Citilink untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Berikut beberapa kebijakan Citilink:

6.    Bagasi

Untuk kebijakan bagasi, pada setiap penumpang rute perjalanan manapun di kelas ekonomi akan mendapatkan jatah bagasi kabin maksimal 7 kg dan bagasi terdaftar maksimal 20 kg. Kelebihan berat pada bagasi akan dikenakan biaya sesuai berat dan tarif yang telah ditetapkan.

7.    Penumpang

Selain kebijakan bagasi, Citilink juga menetapkan kebijakan penumpang. Penumpang yang berusia di bawah 3 tahun tidak akan diizinkan melakukan penerbangan kecuali orang tua telah menandatangani Pernyataan Pertanggungjawaban Terbatas.

Sementara itu, penumpang anak di atas 3 tahun boleh melakukan penerbangan sendirian dan akan dicatat sebagai unaccompanied minor. Namun, orang tua tetap harus menandatangani surat pernyataan di kantor Citilink bandara terdekat,

Terdapat juga kebijakan untuk penumpang ibu hamil dengan usia kehamilan 28-34 minggu yang harus menyerahkan surat keterangan dokter dan telah diterbitkan maksimum 30 hari sebelum keberangkatan.

Untuk penumpang dengan disabilitas, Citilink hanya akan menerima maksimal 4 orang yang menderita tunadaksa atau lumpuh pada bagian bawah tubuh dengan catatan tidak lebih dari dua penumpang tunadaksa untuk setiap penerbangan.

8.    Check-in

Anda juga perlu memperhatikan kebijakan ini sebelum check-in. Untuk semua rute penerbangan, waktu ideal check-in adalah 1 jam sebelum keberangkatan dan maksimal 30 menit sebelum keberangkatan.

Anda juga dapat check-in online melalui website resmi Citilink dan melengkapi data sesuai dengan informasi pada e-tiket Anda.

9.    Refund

Sementara itu, refund dapat diajukan jika Anda memiliki alasan pribadi, sakit, kehamilan, kematian, pembatalan atau perubahan jadwal oleh Citilink, pemesanan ganda, dan forcé majeure.

Jika Anda ingin mengubah jadwal penerbangan, Anda dapat menggunakan fitur Easy Reschedule dan mengganti tanggal, jam, dan rute sesuai kebutuhan perjalanan Anda.

Itulah cara pesan tiket pesawat Citilink di Traveloka yang dapat Anda lakukan. Perhatikan kebijakan dan layanan yang diberikan oleh Citilink untuk kemudahan perjalanan Anda hingga destinasi tujuan. Nikmati liburan Anda. (*/pp)

  • Bagikan