Portugal Lolos ke Babak 16 Besar, Korsel Keok dari Ghana

  • Bagikan

Pemain Portugal saat merayakan gol. --net--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, QATAR-- Tim favorit juara Piala Dunia Qatar, Portugal, berhasil melenggang ke babak 16 besar.

Itu setelah Portugal berhasil mengalahkan Uruguay 2-0 di matchday kedua Grup H Piala Dunia 2022. 

Adalah, Brace Bruno Fernandes yang menjadi bintang A Selecao das Quinas pada matchday ini.

Duel kedua tim dilangsungkan di Lusail Iconic Stadium, Lusail, Selasa, 29 November 2022 dini hari Wita.

Di babak pertaman, kedua tim bermain imbang tanpa gol. Tapi, Portugal berhasil memecah kebuntuan di babak kedua lewat brace Bruno Fernandes.

Dengan kemenangan tersebut, membuat Portugal sukses menyegel tiket ke 16 besar. A Selecao das Quina memimpin Grup H dengan enam poin dari dua laga.

Sementara, Ghana ada di posisi kedua dengan tiga poin. Ini berkat kemenangan penting yang ditorehkan saat menjajal Korea Selatan.

Sementara urutan ketiga dan keempat adalah Korea Selatan dan Uruguay dengan satu poin, namun masih punya peluang lolos.

Pada duel Portugal lawan Uruguay, kedua tim berjalan ketat di 10 menit awal. Portugal punya dua percobaan dan Uruguay satu tanpa ada yang mengarah ke gawang.

A Selecao das Quinas sejatinya lebih dominan atas Uruguay dalam penguasaan bola. Di sisi lain, La Celeste mampu merapatkan barisan pertahanannya dan membuat Portugal sulit masuk ke kotak penalti.

Sampai laga berjalan setengah jam, tak ada peluang berbahaya yang diciptakan Portugal. Uruguay juga belum mampu memberikan ancaman ke pertahanan juara Piala Eropa 2016 tersebut.

Gol tak kunjung dari kedua tim. Portugal dan Uruguay harus puas bermain imbang tanpa gol di babak pertama.

Portugal akhirnya bisa memecah kebuntuan di babak kedua pada menit ke-54. Bruno Fernandes mengirim umpan ke depan kotak penalti dan Ronaldo kemudian melompat, namun tak terkena dan bola tetap masuk ke gawang.

Ronaldo kemudian berselebrasi seolah itu miliknya dan layar kaca juga sempat menulis gol dicetak kapten Portugal. Namun, announcer di stadion menyampaikan gol itu milik Bruno Fernandes dan tayangan ulang mempertegas kalau bola tak tersentuh kepala Ronaldo. Portugal memimpin 1-0

Uruguay mencoba langsung bereaksi terhadap gol itu. Peluang emas ada di menit ke-75 saat bola tembakan Maximiliano Gomez dari depan kotak penalti membentur tiang.

Peluang selanjutnya ada di menit ke-77. Luis Suarez mendapatkan bola dari tembakan bebas di tengah kerumunan pemain Portugal. Bola kemudian ditembak Suarez, namun masih mengenai sisi luar jaring.

Portugal mendapatkan hadiah penalti di injury time setelah Jose Gimenez melakukan handball akibat terjatuh. Bruno Fernandes kemudian maju sebagai eksekutor dan membawa Portugal menang 2-0.

Ghana vs Korsel

Pemain Ghana saat menjebol gawang Korsel. --net--

Sementara itu, Ghana sukses tumbangkan Korea Selatan di laga matchday 2 Grup H Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Senin (28/11/2022) malam WIB.

Pertandingan berlangsung seru sejak awal. Kedua tim menciptakan sejumlah peluang dan kemudian saling balas mencetak gol.

Gol-gol Ghana dihasilkan oeh Mohammed Salisu dan Mohammed Kudus (brace). Sementara gol Korea Selatan semuanya diboyong oleh Cho Gue-sung.

Korea Selatan dan Ghana langsung berusaha tampil menyerang sejak awal pertandingan. Mereka menggulirkan bola dengan cepat, dengan target ingin mencetak gol secepat mungkin.

Korea kemudian bisa menekan Ghana. Namun serangan-serangan mereka masih belum menciptakan bahaya yang nyata.

Namun Korea Selatan kemudian dibuat syok pada menit ke-24. Mohammed Salisu sukses menjebol gawang Kim Seung-gyu. Bermula dari tendangan bebas dari sayap kiri, terjadi kemelut di pertahanan Korea. Si kulit bundar kemudian disambar tembakan kaki kiri Salisu dan berbuah gol.

Sempat ada pemeriksaan via VAR karena diduga ada handball yang dilakukan oleh Andre Ayew sebelum gol tercipta. Namun wasit akhirnya mengesahkan gol Salisu. 0-1!

10 menit kemudian, Ghana kembali menjebol gawang Korea Selatan. Kali ini berkat tandukan Mohammed Kudus, memanfaatkan umpan matang Jordan Ayew. Bola mengarah ke tiang jauh dengan mulus.

Korea Selatan berusaha tampil lebih agresif. Namun Ghana bertahan dengan rapat.

Pada akhirnya tak ada gol yang bisa diciptakan Son Heung-min dkk sampai turun minum. Korea Selatan 0-2 Ghana.

Babak Kedua

Di babak kedua, Korea Selatan langsung tancap gas. Mereka menekan Ghana dengan intensitas tinggi.

Usaha pasukan Paulo Bento akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-58. Cho Gue-Sung sukses menjebol gawang Ghana dengan tandukan divingnya, memaksimalkan umpan Lee Kang-in. 1-2!

Korea Selatan tak mau berhenti sampai di situ. Mereka terus memanfaatkan momentum apik yang mereka peroleh.

Usaha mereka akhirnya berbuah manis. Pada menit ke-61, mereka sukses menjebol gawang Ghana lagi. Lagi-lagi Cho mencatatkan namanya di papan skor. Kali ini dengan tandukan terbang di tiang jauh, memaksimalkan umpan silang Kim Jin-Su dari sayap kiri. 2-2!

Akan tetapi senyum skuad Korea Selatan tak bertahan lama. Pada menit ke-68, Mohammed Kudus lagi-lagi menjebol gawang mereka. Ghana menyerang dari sisi kiri dan melepas umpan datar ke kotak penalti. Bola gagal ditendang Inaki Williams dan terus meluncur ke arah Kudus di tiang jauh. Dengan tendangan kaki kirinya, ia sukses menjebol gawang Seung-Gyu. 2-3!

Laga berlangsung makin seru karena Korea Selatan terus menggedor pertahanan Ghana. Pada menit ke-76 mereka hampir saja mencetak gol via Kim Jin-sun. Namun sebelum melewati garis gawang, bola disapu oleh Salisu.

Menit ke-84, Korea mendapat peluang lagi. Son gagal menendang bola. Tapi si kulit bundar bisa disambar Kim Jin-su. Namun bola tembakannya sedikit melayang di atas mistar gawang.

Menit 90+4, Korea mendapat peluang lagi. Cho akhirnya mendapat ruang tembak dari halfspace kiri kotak penalti Ghana. Namun bola tembakannya bisa dimentahkan kiper Ghana Ati-Zigi.

Pada akhirnya skuad Korea Selatan tak bisa mencetak gol di waktu extra time. Mereka pun kalah 2-3 dari Ghana.

Selanjutnya, keempat tim akan bermain, Jumat, 2 Desember 2022 mulai pukul 23.00 Wita. Ghana akan bentrok Uruguay dan Korsel akan berduel dengan Portugal. Tiga tim masih berpeluang sama untuk mendampingi Portugal di babak 16 besar mendatang. Kita tunggu pertandingannya! (*/net/pp)

Susunan Pemain:

Portugal: Costa; Cancelo, Dias, Pepe, Mendes; Neves, Carvalho; Silva, Fernandes, Félix; Ronaldo.

Uruguay: Rochet; Gimenez, Godin, Coates; Varela, Valverde, Bentancur, Vecino, Olivera; Cavani, Nunez. (***)

Susunan Pemain

Korea Selatan (4-2-3-1): Kim Seung-gyu; Kim Moon-hwan, Kim Min-jae, Kim Young-gwon, Kim Jin-su; Hwang In-beom, Jung Woo-young; Kwon Chang-hoon, Jeong Woo-yeong, Son Heung-min; Chi Gue-sung.

Pelatih: Paulo Bento

Ghana (4-3-3): Lawrence Ati-Zigi; Tariq Lamptey, Daniel Amartey, Mohammed Salisu, Gideon Mensah; Thomas Partey, Salis Abdul Samed, Mohammed Kudus; Andre Ayew, Inaki Williams, Jordan Ayew.

Klasemen Sementara

No. Tim M M S K S G K

  1. Portugal 2 2 0 0 6 5 2 3
  2. Ghana 2 1 0 1 3 5 5 0
  3. Korsel 2 0 1 1 1 2 3-1
  4. Uruguay 2 0 1 1 1 1-2

Jadwal

Jumat, 02 Desember 2022 :
Jepang🇯🇵 Vs Spanyol🇪🇸 (02.00 WIB) - SCTV/Vidio/Moji
Costa Rica🇨🇷 Vs Jerman🇩🇪 (02.00 WIB) - Vidio
Ghana🇬🇭 Vs Uruguay🇺🇾 (22.00 WIB) - Vidio
Korsel🇰🇷 Vs Portugal🇵🇹 (22.00 WIB) - SCTV/Vidio/Nex

Sabtu, 03 Desember 2022 :
Serbia🇷🇸 Vs Swiss🇨🇭 (02.00 WIB) - Vidio
Kamerun🇨🇲 Vs Brasil🇧🇷 (02.00 WIB) - SCTV/Vidio/Moji

  • Bagikan