Puluhan Mahasiswa UNCP Kuliah Jurnalistik di Palopo Pos

  • Bagikan

Suasana saat mahasiswa UNCP Palopo berkunjung ke Redaksi Palopo Pos, Jumat, 10 Desembee 2022. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Puluhan Mahasiswa Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) dari jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) melakukan kunjungan di Kantor Palopo Pos, Jumat, 10 Desember 2022.

Pada kunjungan ini, mahasiswa didampingi dosen Bahasa Indonesia Abd. Rahim Ruspa,
S.Pd, M.Pd. Mereka diterima Direktur PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, Husain Rasyid.

Rahim Ruspa mengatakan, pihaknya membawa mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia ini, untuk mengenali lebih jauh proses media massa baik cetak maupun online. ''Kalau selama ini mereka mendapatkan teori seputar jurnalistik di kampus, maka mereka langsung ke tempat praktiknya. Yakni, kantor Harian Palopo Pos,'' katanya.

Sementara itu, Husain Rasyid menjelaskan proses pembuatan berita sampai naik cetak. Begitu juga dengan proses penayangan berita di media online PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID.

Untuk media cetak memang membutuhkan waktu untuk menerbitkannya. Karena, setelah berita didapatkan oleh reporter di lapangan akan diedit oleh redaktur. Selanjutnya didesain kemudian diprint. Setelah itu, dimontase dan dibawa ke percetakan untuk proses cetak sampai terbit, lalu didistribusikan ke pelanggan atau masyarakat untuk dibaca.

Media massa sendiri khususnya di Palopo Pos, ada dua divisi utama yakni divisi produksi dan pemasaran yakni koran dan iklan.

Pada kesempatan tersebut, mahasiswa sempat melakukan tanya jawab seputar dengan berita-berita termasuk rubrik yang ada di PALOPO POS.

Minggu depan, rencananya, para mahasiswa ini kembali akan ke Palopo Pos untuk melihat langsung proses desain sampai di cetak. (*/pp)

  • Bagikan