Petang Nanti Timnas Indonesia Lawan Brunei, Saatnya Pesta Gol!

  • Bagikan
Timnas Indonesia jalani Official Training sebagai persiapan laga kontra Brunei Darussalam pada Minggu (25/12) di Stadion KLFA, Malaysia!-Foto: Twitter.com/@PSSI-

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, KUALALUMPUR-- Timnas Nasional (Timnas) Indonesia kembali akan melakoni laga keduanya di ajang Piala AFF. Kali ini, timnas Indonesia akan bentrok dengan Brunei Darussalam pada babak penyisihan Grup A Piala AFF 2022 yang akan dihelat di Malaysia. Hal tersebut dikarenakan venue yang sesuai dengan standar milik The Hornets -julukan Timnas Brunei Darussalam- saat ini tengah direnovasi.

Laga tersebut akan dilangsungkan di KLFA Stadium, Kuala Lumpur, Malaysia pada Senin, 26 Desember 2022 mulai pukul 18.00 Wita petang nanti. Duel ini dijadwalkan live di RCTI.

Pada duel kali ini, Indonesia harus memanfaatkan momentum untuk bisa melibas Brunai Darussalam. Yah, harus pesta gol!

Untuk mewujudkan ambisi tersebut, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong tetap mempertahankan strategi. Mengandalkan formasi 4-3-3 seperti melawan Kamboja.

Akan tetapi, Shin Tae-yong berencana melakukan rotasi dalam laga melawan Brunei Darussalam. Sehingga, sebagian besar pemain yang jadi starter kontra Kamboja akan diistirahatkan.

Jordi Amat yang sudah menjalani debut melawan Kamboja berpotensi akan duduk di bench. Perubahan juga akan dilakukan di lini tengah hingga depan.

Untuk posisi penjaga gawang, Timnas Indonesia kemungkinan besar tetap mengandalkan Nadeo Argawinata. Meskipun pada laga perdana, kiper Bali United itu kebobolan satu kali.

Nadeo memang cukup terbantu dengan solidnya lini pertahanan Timnas Indonesia ketika menghadapi Kamboja. Sehingga, tidak banyak ancaman ke gawangnya.

Kiper asal Kediri tersebut tercatat melakukan satu penyelamatan penting. Sementara Kamboja hanya melepaskan 2 shots on target ke gawang Timnas Indonesia.

Untuk posisi belakang, perubahan kemungkinan akan terjadi lini pertahanan Timnas Indonesia. Shin Tae-yong diprediksi mengistirahatkan Jordi Amat setelah pada laga perdana menjadi starter.

Tugasnya akan digantikan oleh Rizky Ridho yang sebelumnya hanya menjadi pemanas bangku cadangan. Bek Persebaya itu akan berduet dengan Fachrudin Aryanto.

Perubahan juga akan terjadi di sektor bek sayap, Asnawi Mangkualam akan digantikan Edo Febriansyah. Sedangkan Pratama Arhan tetap jadi andalan.

Sementara lini tengah, Shin Tae-yong juga akan melakukan perubahan di lini tengah Timnas Indonesia. Rachmat Irianto akan turun sebagai starter dalam laga melawan Brunei Darussalam.

Dua slot lainnya akan diisi oleh dua rekan setimnya di Persib Bandung, yakni Marc Klok dan Ricky Kambuaya. Sementara Marselino Ferdinan kemungkinan baru diturunkan di babak kedua.

Kehadiran Rachmat Irianto akan menjaga keseimbangan dalam bertahan dan menyerang. Setelah pada laga sebelumnya, gawang Skuad Garuda masih kebobolan.

Bagaimana dengan lini depan? Lini depan Timnas Indonesia juga akan mengalami perubahan. Pergantian berpotensi dilakukan di sektor penyerang tengah.

Shin Tae-yong sebenarnya punya banyak pilihan di posisi striker. Tapi, juru taktik asal Korea Selatan itu berpeluang mengandalkan penyerang muda, Ramadhan Sananta.

Sementara untuk posisi sayap akan tetap diisi Witan Sulaeman. Hanya Egy Maulana Vikri yang kemungkinan akan digantikan oleh Saddil Ramdani.

Lalu, bagaimana dengan Brunai? Ternnyata mereka tak gentar menghadapi Asnawin Mangkualam Cs. Kapten Brunei Darussalam Hendra Azam mengunkapkan selaku tuan rumah, Brunei Darussalam tampak ingin meraih kemenangan perdana usai dua kali kandas (dari Thailand dan Filipina).

Brunei Darussalam targetkan misi simpel yang dicanangkan yakni bisa mencetak gol pada melawan Timnas Indonesia.

Pada laga sebelumnya, anak asuh Mario Rivera harus menyerah dari Thailand dengan skor 0-5 dan kalah dari Filipina dengan skor yang hampir sama yakni 1-5.

Dengan hasil tersebut, Brunei Darussalam sudah kebobolan 10 gol dan baru sekali cetak gol.

"Kebobolan 10 jelas berpengaruh pada mental pemain, tapi kami terus berkembang," kata Hendra Azam di Malaysia, Minggu, 25 Desember 2022.

"Bagi kami satu gol itu bisa menjadi penyemat kami untuk kembali bisa mencetak gol pada pertandingan besok (hari ini)," tambahnya.

Hendra Azam selain menjadi kapten juga merupakan pemain Brunei Darussalam yang kenyang pengalaman.

Bisa membawa Brunei Darussalam ke Piala AFF 2022 juga merupakan prestasi tersendiri karena harus melalui tahapan play off dengan mengalahkan Timor Leste.

Meski selalu kalah telak, lanjut Hendra Azam, teman-temannya terus berupaya meningkatkan kemampuan.

Timnas Brunei Darussalam

Sekadar menginformasikan, Piala AFF 2022 menggunakan sistem kandang-tandang pada babak penyisihan grup. Setiap tim yang berpartisipasi akan menjalani dua laga kandang dan dua laga tandang.

Menariknya, Timnas Brunei Darussalam menggunakan Stadion KLFA, Kuala Lumpur, Malaysia sebagai venue laga kandang mereka di Piala AFF 2022. Lantas, kenapa menggunakan stadion yang berada di Malaysia untuk dijadikan pertandingan kandang?

Brunei Darussalam sendiri sebenarnya memiliki stadion yang sesuai standar untuk menggelar laga Piala AFF 2022. Stadion tersebut yakni Hassanal Bolkiah Stadium yang terletak di Bandar Seri Bagawan, Brunei Darussalam.

Sayangnya, stadion berkapasitas 28.000 penonton itu saat ini belum bisa digunakan untuk menggelar sebuah pertandingan. Hal itu dikarenakan stadion tersebut tengah direnovasi sejak Mei 2021 lalu. (*/fin/net/pp)

Prediksi Susunan Pemain

Brunei Darussalam (4-4-2): Haimie Nyaring; Wafi Aminuddin, Yura Putera Yunos, Fakharrazi Hassan, Abdul Sisa; Hakeme Said, Azwan Ali, Nurikhwan Othman, Azwan Salleh; Adi Said, Ali Rahman

Pelatih: Marco Rivera Campasino

Indonesia (4-3-3): Nadeo Argawinata; Pratama Arhan, Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, Asnawi Mangkualam; Marc Klok, Rachmat Irianto, Marselino Ferdinan; Saddil Ramdani, Ramadhan Sananta, Witan Sulaeman

Pelatih: Shin Tae-yong

  • Bagikan