Gempa Guncang Lutim Sejumlah Warga Panik

  • Bagikan
ILUSTRASI--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MALILI- Gempa berkekuatan Magnitudo 3,5 buat panik warga Luwu Timur, pada Senin 30 Januari 2023 pukul 09:04:48 Wita

Berdasarkan data sementara BMKG, titik pusat gempa berada di Provinsi Sulawesi Selatan, dengan koordinat 2.59LS, 121.1BT dengan kedalaman 10 km atau 5 km dari Malili.

Akibat gempa yang berdurasi beberapa detik itu banyak warga merasa panik dan menyatakan merasakan gempa tersebut.

Salah seorang warga Puncak Indah, Kecamatan Malili, Arif yang merasa panik saat gempa menyatakan memang gempa yang terjadi hanya sekian detik tetapi bisa membuat panik hingga berjam – jam.

“Memang sebentar ji gempanya tetapi paniknya hingga berjam jam,” kata dia.

Selain Arif, Itha warga Desa Ussu, Kecamatan Malili juga mengaku panik akibat gempa M 3,4 yang beberapa detik yang mengguncang wilayah Luwu Timur.

“Saya merasa pusing karena getarannya cukup keras,” katanya

Sementara, Operator Pusdalops-PB BPBD Kabupaten Luwu Timur, Asep Suyatna mengatakan, Warga Luwu Timur utamanya di Desa Puncak Indah dan sekitarnya di Kecamatan Malili merasakan guncangan dengan durasi sekitar 2 hingga 3 detik. ” Sehingga wajar saja terjadi kepanikan sesaat , gempa ini akibat Sesar Matano bereaksi ” . Ujar Asep.

Lanjut diterangkannya , berdasarkan data yang diterima Pusdalops BPBD Kabupaten Luwu Timur, gempa yang terjadi di darat ini tidak berpotensi tsunami dan laporan kerusakan masih Nihil

Pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), guncangan gempa yang diukur dengan skala MMI atau Modified Mercalli Intensity menunjukkan di Malili pada III – IV MMI.(karim)

  • Bagikan