Dari PKS, Lukman Khalid Berlabuh di Gelora

  • Bagikan
H Lukman Khalid (Sekretaris Gelora Palopo)

Bacaleg di Dapil 4 Bara-Telluwanua

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BARA-- Selama 15 tahun berkiprah di Partai Keadilan Sejahtera (PKS), H Lukman Khalid kini berlabuh di Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia.

Ia maju Caleg Palopo di Dapil 4 Kec. Bara-Telluwanua. Hebatnya lagi, Sekretaris DPD Partai Gelora Palopo ini, menempati nomor urut 1.

''Keinginan ikut serta dalam pesta demokrasi, adalah keinginan untuk terlibat aktif dalam memberikan kontribusi yang positif dalam memajukan Kota Palopo,'' kata Lukman kepada Palopo Pos, Jumat, 19 Mei 2023.

''Kita sadar, peran anggota DPRD sangatlah penting. Karena dalam dirinya mengemban tiga fungsi yaitu fungsi legislasi, fungsi controling, dan fungsi budgeting,'' katanya lagi.

Lukman yang dikenal sebagai sosok peramah dan murah senyum, bukanlah pendatang baru dalam dunia politik. Ia meniti karir di politik sejak tahun 1998 dalam bendera Partai keadilan yang kemudian berubah nama menjadi PKS.

Meniti karir politik dari pengurus kecamatan, Sekertaris DPD PKS Luwu dan Ketua DPD PKS Kab Luwu pada periode 2006-2016. Kemudian akhirnya, berlabuh di Partai Gelora Indonesia, besutan Anis Matta.

Lukman memiliki kedekatan khusus dengan Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasioanl (DPN) Gelora Indonesia Anis Matta. Dimana Anis Matta adalah murid dari KH Abdul Khalid, orang tua Lukman Khalid. Inilah mungkin salah satu alasan yang menyebabkan melabuhkan Lukman gabung di Partai Gelora.

Selain bidang politik, Lukman juga aktif sebagai tenaga pendidik dan dai. Ia pimpinan Pesantren Istiqamah Yaminas Noling. Selain bidang politik dan pendidikan, juga aktif di bidang sosial dan kemanusian. Bersama teman-teman dari beberapa daerah yang se visi, kemudian mendirikan Yayasan Mitra Wakaf Indonesia yang berkantor di Kota Depok Jawa Barat.

Di antara program Mitra Wakaf Indonesia adalah membangun masjid yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, bantuan mushaf Alquran, membangun sumber air minum, santunan dhuafa, beasiswa, dan lainnya.

''Alhamdulillah khusus untuk daerah Kab Luwu dan Palopo, kita sudah membangun beberapa masjid dan puluhan sumur sebagai sumber air minum bagi warga,'' kata Lukman.

Di bidang usaha dan ekonomi, Lukman mendirikan PT Gopal Propertindo yang bergerak di bidang properti dan real estate. Juga bergerak di bidang umrah dan haji di bawah bendera PT Zamzam Utama.

Untuk diketahui, selain Sekretaris Gelora Palopo, Lukman Khalid juga menjabat Sekertaris Angkatan Muda Haji Indonesia (AMHI) Kota Palopo, Ketua Dewan Pembina Mitra Wakaf Indonesia berkantor di Depok Jabar, Ketua Dewan Pembina Yayasan Sabiqun Bil Khairat Makassar, Pengurus DPW Asosiasi Pengembang Syariah Indonesia (APSI) Sulsel, Dirut PT Gopal Propertindo, Direktur PT Zamzam Utama Palopo.

Pendidikan Lukman yakni S1 Tarbiyah IAIN Palopo, S2 Pendidikan Bahasa Arab UIN Makassar, dan S2 Administrasi Pemerintahan Daerah UIT Makassar. (ikh)

  • Bagikan