Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dekker Baca Rakyat dan DPK Luwu Jalin Kerja Sama

  • Bagikan

Penandatanganan naskah kerja sama antara Founder Dekker Baca Rakyat dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu, beberapa waktu lalu. --ft: istimewa


PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA-- Membaca adalah salah satu cara terbaik untuk menambah ilmu dan pengetahuan serta wawasan kita tentang sesuatu hal. Namun, saat ini minat baca di masyarakat terutama kaum millenial dan generasi muda masih terbilang kurang.

Tingkat minat baca masyarakat, dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti Kemauan untuk membaca yang kurang, pengaruh lingkugan dan apalagi saat ini dipengaruhi oleh perkembangan teknologi, terutama hadirnya Handphone (HP) dan internet, yang membuat orang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk menggunakan HP dengan bermedia sosial dan lebih banyak menghabiskan waktunya dengan berkumpul (nongkrong) sembari bermain game online, dibandingkan dengan membaca buku.

Atas hal itu, demi meningkatkan minat baca masyarakat di era digital ini, Founder Dekker Baca Rakyat (DEBARA), Jurais Ahmadi bersama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Luwu, melakukan kerja sama, ditandai dengan penandatanganan naskah kerja sama (MoU), beberapa waktu lalu.


Jurais Ahmadi, selaku Founder Dekker Baca Rakyat, mengatakan bahwa salah satu program untuk meningkatkan minat baca masyarakat terutama kaum milenial dan generasi muda adalah program tongkrongan literasi.

“Program ini, merupakan program yang bertujuan agar tempat-tempat nongkrong (tongrongan) yang ada di Wilayah Luwu, difasilitasi buku-buku dari DPK Luwu dengan sistem Pinjam pakai, sehingga pelanggan yang datang di tempat tongkrongan seperti Warung Kopi, Kedai minuman dan lainnya, itu dapat membaca buku sembari menikmati hidangan yang disiapkan oleh tempat tongkrongan tersebut, sehingga pelanggan tidak hanya mengisi perut dengan makan dan minum saja, tapi juga dapat mengisi otak dan menambah wawasan dari membaca buku yang telah disiapkan,” ungkapnya (31/05/2023).

Rais, sapaan akrabnya, menambahkan bahwa Program ini mulai dilakukan pada hari selasa lalu (30 Mei 2023), dan yang menjadi tempat pertama untuk merealisasikan program ini adalah di Kedai Es Kinawa.

“Dan alhamdulillah, tempat pertama untuk merealiasikan program ini adalah di Kedai Es Kinawa (samping rumah bernyanyi Virgo), dan pemilik Kedai Es Kinawa ini bernama Ibu Rara sapaan akrab beliau. Dan beliau juga adalah dosen saya, saat saya menempuh pendidikan strata satu di salah satu peguruan tinggi di Palopo. Jadi, buat teman-teman yang ingin menikmati Es Kinawa sembari membaca buku, bisa langsung ke Kedai Es Kinawa. Dan Insyaa Allah, sementara juga akan melakukan komunikasi dengan pemilik-pemilik tempat tongkrongan di wilayah Luwu, seperti warkop, kedai minuman, dan lainnya, untuk merealisasikan program tongkrongan literasi ini,” tambahnya.

Senada dengan itu, Salah Satu Pustakawan DPK Luwu, Ilham, mengatakan bahwa Program Tongkrongan Literasi ini sangat bagus untuk meningkatkan minat baca masyarakat atas kerja sama Dekker Baca Rakyat dan DPK Luwu.

“Terima kasih atas kolaborasi yang dilakukan oleh Dekker Baca Rakyat dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Luwu. Kegiatan tongkrongan literasi ini merupakan salah satu kegiatan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Kabupaten Luwu. Harapannya ke depan semoga kerja sama kegiatan ini terus berlanjut dan akan muncul tongkrongan literasi lainnya. Selamat kepada Founder Debara dan Dinas perpustakaan dan Kearsipan Luwu atas inovasinya, semakin dekat dengan perpustakaan," ungkapnya.

Founder Dekker Baca Rakyat dan pihak DPK Luwu berharap, masyarakat terutama pengelola tongkrongan atau warkop, yang ingin ikut berpartisipasi dengan program tongkrongan literasi ini, bisa langsung menghubungi Founder Dekker Baca Rakyat atau dapat langsung ke kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Luwu yang baru, yakni samping KPU Luwu.

Dan langsung ke bagian layanan di lantai 2 DPK Luwu, untuk melakukan koordinasi dan pendaftaran program tersebut. Dan bagi Masyarakat Luwu yang ingin menggunakan beberapa fasilitas yang disiapkan di DPK Luwu, seperti Baca Buku secara gratis, Tempat bermain anak, wifi gratis dan juga bisa berfoto sembari menikmati pemandangan dari dalam gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Luwu. (rls/ikh)

  • Bagikan