10 Dahsyatnya Manfaat Kulit Lemon, Mulai Hancurkan Kolesterol sampai Cegah Serangan Jantung

  • Bagikan
Ilustrasi Lemon. Foto : Ricardo/JPNN.com

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Lemon merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Banyak orang mengonsumsi lemon biasanya untuk membantu menurunkan berat badan. Namun penggunaan lemon tidak hanya sebatas itu saja.

Lemon juga bisa mengatasi batuk, radang tenggorokan, panas dalam, dan lainnya. Tidak hanya buahnya, kulit lemon juga baik untuk kesehatan Anda.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Pristyncare.com.

  1. Meningkatkan Kesehatan

Tulang Kulit lemon bisa membantu meningkatkan kesehatan tulang karena mengandung vitamin C dan kalsium dalam jumlah tinggi, yang membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang.

Dengan penggunaan teratur, ini juga bisa membantu mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis, poliartritis inflamasi, dan artritis reumatoid.

  1. Mengobati Stres Oksidatif

Kulit lemon efektif dalam mengurangi stres oksidatif (ketidakseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh).

Kulit lemon memiliki bioflavonoid jeruk dalam jumlah tinggi, yang merupakan agen yang sangat kuat untuk mengurangi stres oksidatif dari tubuh.

  1. Membasmi Racun dari Dalam tubuh

Unsur-unsur beracun yang ada di dalam tubuh tidak hanya membuat individu menjadi lemah dari dalam, tetapi juga bisa meningkatkan kecanduan atau keinginan untuk minum minuman keras dan makanan berbahaya lainnya.

Karena kandungan bioflavonoid jeruknya, kulit lemon bisa membantu menghilangkan unsur racun yang ada di dalam tubuh secara alami.

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Kulit lemon memiliki sifat detoksifikasi dan karenanya merupakan cara yang membantu dan alami untuk mencegah kanker. Namun, ini bukan cara pasti untuk mencegah kanker, ini lebih merupakan tindakan pencegahan.

Kandungan salvestrol Q40 dan limonene dari kulit lemon bisa membantu melawan sel-sel pra-kanker dalam tubuh. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan manfaat kulit lemon dalam mencegah dan mengurangi risiko kanker.

  1. Mengurangi Kolesterol

Kulit lemon juga bisa membantu menurunkan kadarkolesterol dalam tubuh dan dengan demikian, membantu menjaga kesehatan jantung. Kehadiran flavonoid polifenol dalam kulit lemon berperan dalam mengurangi dan menjaga kolesterol.

  1. Mencegah Serangan Jantung

Kulit lemon kaya akan potasium yang bisa membantu menjaga tekanan darah dan kolesterol optimal dalam tubuh (seperti yang disebutkan sebelumnya).

Dengan demikian, kulit lemon efektif mencegah diabetes, berbagai penyakit jantung, dan serangan jantung.

  1. Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Mulut

Kulit lemon sangat efektif untuk menjaga kebersihan mulut. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan masalah gigi, termasuk gusi berdarah, penyakit kudis dan radang gusi. Kulit lemon diperkaya dengan asam sitrat, yang bisa membantu melawan berbagai masalah terkait gigi dan gusi.

  1. Penurunan Berat Badan

Kulit lemon bisa membantu dalam mempromosikan penurunan berat badan. Ini berisi pektin, komponen yang mempromosikan penurunan berat badan.

  1. Bagus Untuk Kesehatan Kulit

Kulit lemon bisa membantu mencegah dan melawan beberapa masalah kulit termasuk jerawat, bekas jerawat atau bintik hitam, keriput, dan pigmentasi. Mereka kaya akan sifat antioksidan, yang mendetoksifikasi kulit secara luas.

  1. Baik Untuk Kesehatan

Kulit lemon memiliki berbagai manfaat kesehatan lainnya diantaranya membersihkan hati, memperkuat pembuluh kapiler darah, mengobati infeksi telinga, memperlancar peredaran darah, mengurangi kontraksi otot dan mencegah stroke. (fny/jpnn)

  • Bagikan