Catat! Ini Lho 10 Makanan untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

  • Bagikan
Buah jeruk. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Perlu berhati-hati jika mengalami tekanan darah tinggi. Karena, tekanan darah tinggi memiliki risiko tinggi terhadap penyakit jantung dan berbagai penyakit penyerta lainnya. Lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia memiliki tekanan darah tinggi.

Konsumsi makanan yang mengandung potassium dan magnesium dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Dilansir dari Healtline, ini 10 makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Apa saja?

Buah Jeruk

Buah jeruk mengandung vitamin, mineral, senyawa tumbuhan lainnya yang membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi tekanan darah tinggi. Mengonsumsi 530-600 gram buah jeruk per hari dapat mengatur tekanan darah.

Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung akan omega-3 tinggi yang baik untuk jantung. Omega-3 yang tinggi dalam makanan, termasuk ikan dapat menurunkan risiko tekanan darah pada orang dewasa, konsumsi 3,5 ons porsi salmon sehari dapat menurunkan tekanan dalam darah.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau yang mengandung potassium dan magnesium membantu menurunkan tekanan darah tinggi, mengonsumsi 500 mililiter sup bayam setiap hari dapat menurunkan tekanan darah.

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki manfaat yang cukup banyak salah satunya membantu menurunkan tekanan darah. Kacang mengandung serat arigin yang terdapat asam amino untuk relaksasi pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

Buah Beri

Buah beri merupakan sumber antioksidan yang mengandung antosianin. Antosianin dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah dan mengurangi produksi molekul yang membatasi aliran darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat termasuk menurunkan tekanan darah tinggi, dan risiko penyakit jantung. Kandungan asam oleat omega-3 dan polifenol dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Wortel

Wortel kaya akan senyawa nabati yang membantu mengatur tekanan darah, mengonsumsi 100 gram wortel setiap hari dapat menurunkan 10 persen tekanan darah tinggi.

Telur

Telur dapat membantu menjaga tekanan darah, menurut studi pada 2023 orang yang memakan lima buah telur setiap minggunya dapat menurunkan tingkat SBP (Systolic Blood Pressure/batas tertinggi) 2,5 mm HG.

Tomat

Tomat mengandung potassium dan pigmen karotenoid likopen. Likopen baik untuk kesehatan jantung dan mampu mengurangi tekanan darah tinggi.

Yogurt

Yogurt merupakan produk susu yang kaya mineral yang membantu mengatur tekanan darah. Mengonsumsi yogurt 5-6 kali per minggu dapat menurunkan kadar SBP sebesar 1,44 mg HG. (healthline/jawapos/pp)

  • Bagikan