Air Rebusan Daun Pandan Ternyata Manfaatnya Banyak, Bikin Penyakit Ini Ogah Mendekat

  • Bagikan
Daun Pandan. Foto : Ricardo/JPNN.com

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Ternyata daun pandn tidak hanya digunakan untuk membuat wangi masakan. Manfaatnya begitu banyak untuk kesehatan.

Daun pandan merupakan salah satu bahan masakan yang memiliki aroma wangi. Hal ini menyebabkan daun pandan sering ditambahkan dalam berbagai hidangan manis.

Namun, selain itu, daun pandan juga kaya akan berbagai kandungan nutrisi sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

Untuk mendapatkan khasiat daun pandan, Anda bisa mengolahnya dalam bentuk air rebusan.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

  1. Menyembuhkan Demam

Sifat antibakteria pada daun pandan bisa mengatasi infeksi demam dalam tubuh. Caranya, taruh 2 sampai 3 lembar daun pandan di dua gelas air mendidih kemudian saring. Minum sebanyak dua kali sehari.

  1. Mengatasi Insomnia

Senyawa alkaloid yang terkandung dalam daun pandan bisa menyembuhkan insomnia atau kesulitan tidur.

Ambil beberapa lembar daun pandan, seduh dengan air mendidih. Tambahkan satu sendok makan madu, lalu minumlah selagi hangat.

  1. Menurunkan Risiko Depresi

Salah satu cara yang paling efektif meredakan stres adalah mengonsumsi ekstrak daun pandan. Pasalnya, kandungan daun pandan memiliki efek penenang yang mampu mengurangi kecemasan dan stres. Sehingga mengonsumsi secara teratur ekstrak daun bisa secara efektif mencegah gangguan depresi.

  1. Mengatasi Diare

Manfaat daun pandan berikutnya adalah bisa mengatasi diare. Sebab, daun pandan memiliki efek antibakteri dan antimikroba yang bisa membantu membersihkan bakteri berbahaya di dalam usus. Sehingga hal ini berfungsi efektif mengatasi diare yang disebabkan keracunan makanan.

  1. Mengatasi Hipertensi

Hipertensi merupakan penyakit yang disebabkan karena tekanan darah tinggi. Apabila tidak segera diatasi, maka hipertensi bisa menimbulkan berbagai penyakit kronis, seperti jantung dan stroke.

Salah satu cara yang efektif mengatasi penyakit hipertensi ialah mengonsumsi ekstrak daun pandan.

Minum air rebusan daun pandan secara rutin sebanyak 2-3 gelas bisa berfungsi menurunkan tekanan darah. Selain itu, kandungan ekstrak daun pandan juga bisa membantu mencegah obesitas.

  1. Mencegah Diabetes

Diabetes atau kencing manis merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan karena kelebihan kadar gula darah. Penyakit ini apabila tidak segera diatasi maka bisa menimbulkan komplikasi hingga menyebabkan kematian. Salah satu cara paling mudah mencegah diabetes adalah mengonsumsi ekstrak pandan.

Ekstrak pandan berperan penting dalam meningkatkan produksi insulin pada sel pankreas, sehingga hal ini bisa secara efektif mencegah penyakit diabetes.

  1. Mencegah Kanker

Salah satu cara paling mudah mencegah penyakit kanker adalah mengonsumsi ekstrak daun pandan. Sebab, daun pandan memiliki efek antimitotic, apoptosis dan sitotoksik.
Beberapa kandungan ini bisa berfungsi efektif dalam membantu pertumbuhan sel-sel kanker. Selain itu, mengonsumsi ekstrak daun pandan secara teratur juga mampu mencegah penyakit kronis lainnya.(jpnn/palopopos)

  • Bagikan