Penerimaan Maba IAIN Palopo, Empat Tahap

  • Bagikan

Ketua Panitia Sosialisasi PMB IAIN Palopo, Dr H Muammar Arafat Yusmad SH MH . --ft: NurRahmatullah


* Mulai SPAN, UMPTKIN, Mandiri Prestasi Non Akademik, dan Mandiri Umum

* Citizen Reporter
Nur Rahmatullah Ibrahim
(Mahasiswa Magang IAIN Palopo

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BALANDAI--
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo membuka empat tahap atau jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun 2023/2024.

Keempat tahap tersebut yakni jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN), jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN), jalur Mandiri Prestasi Non Akademik, dan jalur Mandiri Umum.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Panitia Sosialisasi PMB IAIN Palopo, Dr H Muammar Arafat Yusmad SH MH di ruang kerjanya, Selasa, 29 Agustus 2023.

Dijelaskan, jalur SPAN merupakan tahapan pertama PMB pada awal tahun ini, 17 Januari - 3 April 2023 secara online. Lalu dilanjutkan dengan tahapan UMPTKIN pada 10 April - 5 Juli 2023.

Pada jalur UMPTKIN ini terdapat perbedaan dengan tahun lalu. Dimana, tahun lalu ujiannya online of side artinya Sistem Seleksi Elektronik (SSE) yang dilaksanakan dari tempatnya masing-masing.

Kalau tahun ini, melaksanakan ujian di lokasi yang sudah ditetapkan yaitu di kampus atau on side SEE. Maka digunakanlah empat ruangan, dan setiap ruangan memiliki 30 komputer untuk 30 Camaba yang melakukan ujian tiap sesi.

Selesai UMPTKIN, dibuka seleksi jalur Mandiri Prestasi Non Akademik untuk menjaring Camaba yang berprestasi pada 8 Juni - 3 Juli 2023 secara online. Misalnya olahraga, seni, budaya, dan juga agama.

Yang istimewa tahun ini banyak yang diterima dan potensi prestasinya luar biasa. Seperti, ada yang hafidz 1 juz, 5 juz, 20 juz, bahkan 30 juz. Olahraganya juga ada yang berprestasi dari tingkat nasional, kemudian ada tingkat regional, dan tingkat lokal.

Selesai tahapan tersebut, kemudian menerima jalur Mandiri Umum pada 8 Juni - 20 Juli 2023, yang sistemnya juga SEE di tempat yang sama.

Dan terakhir setelah disidang, karena masih banyaknya permintaan dari keluarga Camaba, mana dibuka jalur Mandiri gelombang kedua, pada 28 Juli - 4 Agustus 2023 dengan catatan kuotanya masih terpenuhi.

Total Maba yang diterima yang dinyatakan lulus tahun ini sebanyak 1.532 orang. Namun itu masih berproses dalam pendaftaran ulang. Belum ada angka pasti, tetapi dalam waktu yang tidak terlalu lama, dan jumlahnya tidak akan begitu jauh dengan jumlah yang ikut PBAK.

''Jadi, 1.532 calon mahasiswa yang totalnya lulus untuk semua jalur, SPAN, UMPTKIN, seleksi prestasi non akademik, Mandiri Umum 1 dan Mandiri Umum 2 dari semua Prodi yang ada di IAIN Palopo,'' jelas Dr Muammar. (*/ikh)

  • Bagikan