Sistem UMPTKIN IAIN Berubah, dari Online Off Side ke On Side

  • Bagikan

* Citizen Reporter
Fidya
(Mahasiswa Magang IAIN Palopo)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BALANDAI--
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo membuka pendaftaran Mahasiswa Baru (Maba) tahun akademik 2023/2023 melalui empat jalur seleksi.

Yakni Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN), Mandiri I, dan Mandiri II.

Tahun ini, ada perubahan sistem seleksi pada tahap UMPTKIN. Yakni dari sistem online off side (tahun lalu) ke sistem online on side (tahun ini). Namun demikian, aplikasi yang digunakan tetap sama yakni Sistem Seleksi Elektronik (SSE).

Demikian diungkapkan Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) IAIN Palopo, Dr Muammar Arafat Yusmad SH yang diwawancarai penulis di ruang kerjanya, Selasa, 29 Agustus 2023.

Dijelaskan, tahun sebelumnya sistem online off side, Camaba dapat mengikuti ujian seleksi di daerah masing-masing atau luar Kota Palopo dengan ketentuan Camaba harus "on camera" (kamera dalam keadaan aktif).

Tahun ini, Camaba mengikuti ujian seleksi dengan sistem online off side. Dimana Camaba ujian seleksi di lingkungan kampus. Ada tiga ruangan yang digunakan yakni ruang 05, 06, dan microficing.

Setelah tahap UMPTKIN, dilanjutkan pada tahap seleksi jalur Prestasi Non akademik atau Mandiri I bagi Camaba yang berprestasi dalam bidang olahraga, seni, budaya, dan siswa yang bertugas sebagai Paskibraka, serta dalam bidang prestasi agama.

“Yang istimewa pada tahun ini, banyak yang diterima dan potensi prestasinya luar biasa. Seperti hafidz yang 30 juz, ada hafidz 20 juz, ada hafidz 10 juz, dan 5 juz, serta 1 juz. Juga ada yang berprestasi tingkat nasional, kemudian tingkat regional, dan tingkat lokal,” tegasnya.

Setelah itu, dilanjutkan tahap jalur umum atau jalur Mandiri II yang juga melakukan sistem SSE
di 'Kampus Hijau' IAIN Palopo, dengan catatan kuotanya terpenuhi sehingga jumlah Camaba yang lulus sebanyak 1.532 orang dan hal ini masih dalam tahap seleksi. (*)

  • Bagikan